Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reschedule dan Refund Tiket DAMRI, Simak Ketentuan Ini

DAMRI telah menyesuaikan jadwal operasional sementara mulai 13 April 2020, untuk layanan AKAP Jakarta.
Bus Damri./Dok. Istimewa-DAMRI
Bus Damri./Dok. Istimewa-DAMRI

Bisnis.com, JAKARTA — Perum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia meminta agar calon pelanggan yang sudah memiliki tiket untuk menyesuaikan kembali waktu perjalanan yang tersedia dengan sejumlah penyesuaian jadwal operasional bus antarkota antarprovinsi, angkutan bandara, angkutan kota dalam provinsi selama masa pandemi virus corona.

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Perum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) Nico R. Saputra mengatakan bahwa bagi calon penumpang yang hendak melakukan penjadwalan ulang dan pengembalian tiket bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

“Di antaranya untuk pembatalan tiket [pengembalian dana]  hanya dapat dilakukan di loket DAMRI dan dapat dilakukan maksimal 6 jam sebelum jadwal keberangkatan. Calon penumang juga diminta untuk membawa identitas diri. Untuk refund akan dikenakan mekanisme administrasi sesuai ketentuan yang berlaku,” jelasnya, Selasa (14/4/2020).

Sementara itu, untuk mekanisme penjadwalan ulang (reschedule) keberangkatan juga mirip dengan refund, yakni hanya dapat dilakukan di loket DAMRI dan dapat dilakukan maksimal 6 jam sebelum jadwal keberangkatan. Namun, untuk penjadwalan ulang hanya dapat dilakukan jika kursi masih tersedia dan tidak diperkenankan untuk pindah layanan ke kelas bawah (down grade service).

Calon penumpang juga diharapkan membawa identitas diri (KTP) sesuai dengan nama penumpang di tiket dan tetap dikenakan mekanisme administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.

DAMRI telah menyesuaikan jadwal operasional sementara mulai 13 April 2020, untuk layanan AKAP Jakarta yang melayani Kemayoran–Wonoboso, Gambir–Lampung (Tanjung Karang, Metro, Simpang Randu, Gaya Baru, Sukadana, Way Bungur).

Sehubungan dengan angkutan kota dalam provinsi dan angkutan Bandara Kertajati yang berhenti beroperasi untuk sementara waktu, DAMRI juga melakukan layanan angkutan kota di wilayah Kota Bandung dengan rute Cicaheum–Leuwipanjang, Cibiru–Kebon Klapa, Leuwipanjang–Ledeng, Elang–Jatinangor (via Tol), Tanjung Sari–Kebon Klapa, Dipatiukur–Jatinangor (via Tol)

Selain itu, terdapat penyesuaian jadwal sementara rute angkutan Bandara Soekarno-Hatta yang berhenti beroperasi sementara waktu, yakni Bekasi Barat (alternatif: BTC Bekasi Timur), Sentul City (alternatif: Botani Square), Mangga Dua (alternatif: Kemayoran), Pramuka City (alternatif: Rawamangun), Cibinong (alternatif: Botani Square), Karawang (alternatif: Cikarang), D’Mall Depok (alternatif: Pasar Minggu), Kemang Pratama (alternatif: BTC Bekasi Timur), Epicentrum (alternatif: Gambir), Pondok Cabe (alternatif: Lebak Bulus), Plaza Senayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper