Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kondisi Saat Ini, Menyewakan Properti Bisa Menjadi Pilihan

Saat ini properti sewa banyak dipilih karena konsumen memiliki posisi tawar yang lebih tinggi.
Silk Town Apartemen milik PT Jaya Real Properti Tbk/Istimewa
Silk Town Apartemen milik PT Jaya Real Properti Tbk/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah banyaknya ketidakpastian yang melanda karena wabah Covid-19, pasar properti sewa dinilai bisa menjadi pilihan bagi pemilik properti agar keterisian properti dan transaksi bisa tetap terjaga.

Commercial and Business Development Director AKR Land Alvin Andronicus menyebutkan bahwa membuat properti yang dimiliki untuk disewakan bisa menjaga keterikatan dan keterkaitan dengan konsumen.

“Dengan kondisi begini [wabah Covid-19] kan banyak pemilik properti yang panik, konsumen juga ada beberapa yang mau beli, tetapi ragu karena ekonomi belum pasti, padahal perlu untuk segera pindah. Properti sewa ini bisa jadi pilihan,” katanya kepada Bisnis, Senin (6/4/2020).

Alvin mengatakan bahwa pasar properti sewa memiliki potensi yang besar kendati secara umum pasar properti mengalami perlambatan.

“Buat yang cancel begitu pasti ada, perlambatan pasti terjadi. Namun, dengan menyewakan properti, baik pembeli maupun pemilik bisa punya banyak pilihan agar bisnis propertinya tetap jalan,” imbuhnya.

Menurutnya, saat ini properti sewa banyak dipilih karena konsumen memiliki posisi tawar yang lebih tinggi. Kondisi seperti sekarang ini memacu pemilik properti untuk menawarkan kemudahan cara bayar salah satunya memberi opsi beli atau menjadikan biaya sewa sebagai biaya uang muka.

Cara tersebut juga bisa menjadi cara bagi pengembang atau pemilik properti untuk “mengikat” konsumen agar pada akhirnya tetap membeli propertinya. Namun, konsumen tetap memiliki pilihan jika ingin tinggal dalam jangka waktu tertentu saja.

Adapun, dalam kondisi wabah seperti sekarang, ketentuan untuk karantina dan isolasi diri juga dinilai memberi tambahan permintaan pada properti sewa. Permintaan bisa datang dari tenaga medis maupun relawan yang tidak ingin berisiko menularkan virus pada keluarga di rumah sehingga memutuskan untuk menyewa hunian.

“Pemilik properti yang lagi jual pun harus menerima kondisi ini. Kita enggak bisa bicara aturan main yang seperti biasa. Pemilik properti dengan kondisi begini mau enggak mau harus kasih lebih banyak opsi dengan menyewakan propertinya dan hal ini harusnya dimanfaatkan dengan baik oleh konsumen,” lanjut Alvin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Zufrizal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper