Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Scoot Tawarkan Voucher Refund Lewat Portal Self Service

Kebijakan ini akan memberikan penumpang fleksibilitas untuk menunda rencana perjalanan mereka mengingat situasi saat ini.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  16:49 WIB
Pesawat Singapore Airlines terbang melewati pesawat Scoot di Singapore Airshow, Changi Exhibition Center, Singapura pada Februari 2016. - Reuters/Edgar Su
Pesawat Singapore Airlines terbang melewati pesawat Scoot di Singapore Airshow, Changi Exhibition Center, Singapura pada Februari 2016. - Reuters/Edgar Su

Bisnis.com, JAKARTA – Scoot menawarkan voucher refund dengan nilai utuh bagi penumpang yang melakukan pemesanan sebelum 15 Maret 2020, untuk periode perjalanan hingga 31 Mei 2020, dan langsung berlaku.

Maskapai dengan jenis layanan minimum tersebut menyebutkan voucher berlaku selama 12 bulan dan dapat digunakan untuk pemesanan ulang tiket di kemudian hari, ketika penumpang sudah memiliki rencana perjalanan yang baru.

Selanjutnya, Scoot akan meluncurkan portal self-service untuk semua penumpang yang memenuhi persyaratan mendapatkan voucher tersebut.

Portal tersebut membutuhkan waktu sekitar tiga minggu untuk dikembangkan dan diuji, dan manajemen akan memberi informasi kepada penumpang melalui situs, media sosial, dan email.

"Penumpang disarankan untuk hanya menghubungi kami mengenai voucher apabila jadwal keberangkatan mereka dalam waktu 72 jam ke depan, karena akan lebih mudah untuk menggunakan portal self-service," jelas manajemen melalui keterangan resmi, Kamis (17/3/2020).

Portal telah diluncurkan pada 17 Maret 2020 pukul 12.00 dan 05.00 waktu Singapura pada hari yang sama. Selama jangka waktu tersebut, lebih dari 12.000 permintaan refund telah diajukan, dan lebih dari 2.000 penumpang telah menerima refund.

Semua pemesanan yang dibuat melalui aplikasi, atau situs pemesanan mini WeChat antara 15 Maret sampai 31 Mei 2020, Scoot juga akan menerapkan perubahan tanggal gratis satu kali (perbedaan tarif berlaku). Untuk pemesanan tersebut, perubahan tanggal gratis satu kali dapat dilakukan sampai dengan empat jam sebelum jadwal keberangkatan, untuk perjalanan sampai 31 Maret 2021.

Kebijakan ini akan memberikan penumpang fleksibilitas untuk menunda rencana perjalanan mereka mengingat situasi saat ini, yang belum pernah terjadi sebelumnya dan berkembang sangat cepat.

Dengan banyaknya permintaan Scoot menyadari bahwa butuh waktu lebih lama bagi agen customer service untuk merespons. Penumpang disarankan menghubungi Scoot melalui saluran alternatif seperti formulir feedback online atau Facebook Messenger.

Penumpang yang memesan tiket melalui pihak ketiga atau agen perjalanan disarankan untuk menghubungi pihak atau agen terkait untuk mendapatkan bantuan.

Scoot akan terus meninjau dampak wabah Covid-19 terhadap perjalanan udara global dalam beberapa minggu ke depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maskapai penerbangan
Editor : Rio Sandy Pradana
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top