Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sektor Perdagangan, Hotel, dan Restoran Masih Ekspansif

Dikutip dari SKDU, Selasa (14/1/2020), Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kegiatan usaha sebesar 2,76%, lebih tinggi dibandingkan dengan 2,06% pada kuartal III/2019

Bisnis.com, JAKARTA - Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) kuartal IV/2019 yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia menunjukkan kegiatan usaha sektor perdagangan, hotel dan restoran pada kuartal IV/2019 terindikasi masih terus meningkat dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Dikutip dari SKDU, Selasa (14/1/2020), Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kegiatan usaha sebesar 2,76%, lebih tinggi dibandingkan dengan 2,06% pada kuartal III/2019. Hal ini sejalan dengan meningkatnya pangsa pasar dalam negeri seiring libur panjang sekolah, Natal dan tahun baru yang terjadi pada kuartal IV/2019.

Berdasarkan perincian subsektor, peningkatan kegiatan usaha terindikasi terjadi pada seluruh subsektor, terutama subsektor perdagangan dengan SBT 2,12%. Peningkatan kegiatan usaha di sektor perdagangan, hotel dan restoran berdampak signifikan terhadap tingkat penggunaan tenaga kerja. Terlihat dari SBT tenaga kerja kuartal IV/2019 sebesar 0,45% meningkat dari periode sebelumnya sebesar 0,04%.

Jika melansir dari subsektor, peningkatan penggunaan tenaga kerja terjadi pada semua subsektor dengan peningkatan penggunaan tenaga kerja tertinggi pada subsektor perdagangan dengan SBT 0,23%. Sementara itu pada kuartal I/2020, kegiatan usaha sektor perdagangan, hotel dan restoran diprakirakan tetap tumbuh positif dengan SBT sebesar 1,26%, meskipun lebih rendah dari SBT 2,76% pada periode sebelumnya.

Berdasarkan rincian subsektor, penurunan kegiatan usaha terjadi pada subsektor hotel sebesar SBT -0,08%. Tingkat penggunaan tenaga di sektor perdagangan, hotel dan restoran pada kuartal IV/2019 diprakirakan juga melambat dengan SBT sebesar 0,25%. Jika dilansir berdasarkan rincian subsektor, penurunan jumlah tenaga kerja terutama terjadi pada subsektor hotel dengan total SBT -0,01%.

Secara umum, SBT penggunaan tenaga kerja pada kuartal IV/2019 sebesar 0,95% lebih rendah dibandingkan dengan 1,40% pada kuartal III/2019. Berdasarkan sektor ekonomi, SBT penggunaan tenaga kerja tertinggi terjadi pada sektor jasa-jasa sebesar SBT 0,98%, diikuti oleh sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran sebesar SBT 0,45%. Pencatatan ini didorong peningkatan permintaan pada periode Natal dan Tahun Baru.

Sejalan dengan prakiraan peningkatan kegiatan usaha pada kuartal I/2020, penggunaan tenaga kerja pada periode tersebut diindikasi mengalami peningkatan. SBT penggunaan tenaga kerja kuartal I/2020 sebesar 2,26%, lebih tinggi dari SBT 0,95% pada kuartal sebelumnya.

Masih seperti kuartal sebelumnya, SBT penggunaan tenaga kerja tertinggi masih terjadi pada sektor jasa-jasa dengan SBT 1,07%, meningkat dibandingkan dengan 0,98% pada kuartal sebelumnya dan yang terendah pada sektor Industri Pengolahan dengan SBT -0,60%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper