Mitra Meningkat, Dominasi GoFood Kian Kuat

Penyedia layanan pesan-antarmakanan dan minuman dalam jaringan, GoFood, terus mencatatkan pertumbuhan pengguna, baik dalam jumlah mitra maupun jumlah transaksi selama satu tahun terakhir. 
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 06 Oktober 2019  |  10:44 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Penyedia layanan pesan-antarmakanan dan minuman dalam jaringan, GoFood, terus mencatatkan pertumbuhan pengguna, baik dalam jumlah mitra maupun jumlah transaksi selama satu tahun terakhir. 

Berdasarkan data internal GoFood yang dirilis di Jakarta, Jumat (4/10/2019), menunjukkan bahwa pertumbuhan mitra pada aplikasi GoFood mencapai 2,43 kali lipat dari tahun lalu, sehingga mencatatkan 400.000 mitra yang 96 persen di antaranya merupakan UMKM. 

VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek, Rosel Lavina, mengklaim bahwa GoFood semakin berkembang lebih dari sekadar layanan pesan-antar makanan, tetapi juga menjadj katalog kuliner terlengkap bagi para konsumen. 

"Hal itu seiring konsumen GoFood yang kian loyal, terbukti dengan pertumbuhan pengunjung aplikasi GoFood yang meningkat hingga 2,63 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya," ujar Rosel. 

Kepercayaan itu juga kian menguat setelah riset terbaru Nielsen yang berjudul Understanding Indonesia's Online Food Delivery Market mengungkapkan bahwa 84% masyarakat yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan menganggap GoFood sebagai layanan pesan-antar makanan terbaik di Indonesia. 

Survei itu juga menyebutkan bahwa dibandingkan dengan kompetitor lainnya, 87 persen responden menilai GoFood memiliki menu yang lebih bervariasi dan 83 persen menganggap pilihan beragam. 

Kemudian 83% responden juga menjawab bahwa GoFood mudah digunakan dan 82% responden mengatakan bahwa mitra GoFood dinilai ramah dan informatif.

Alhasil, jumlah transaksi konsumen sepanjang 2019 turun meningkat sebesar 133 persen atau naik hingga lebih dari 2 kali lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Pada 2018, jumlah transaksi GoFood menembus Rp28 miliar. 

Rosel mengatakan bahwa salah satu faktor pertumbuhan itu dipengaruhi oleh program promosi yang kerap ditawarkan kepada para konsumen. Dengan mengikuti program promo, mitra GoFood dapat meningkatkan penjualan hingga lebih dari 60 persen. 

"Ini juga merupakan upaya kami mendorong kontribusi mitra UMKM kuliner perekonomian Indonesia, sehingga kami dapat terus berkontribusi pada kesejahteraan mitra dan perekonomian nasional," tutur Rosel. 

Pemilik Tahu Yes, salah satu mitra GoFood Festival, Yesaya Surya, menyampaikan bahwa 40 persen transaksi usahanya berasal dari layanan pesan-antar makanan dari 150 cabang usahanya di Jabodetabek. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Go Food

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top