Jawa Bakal Miliki Jaringan Tol Terlengkap, Ini Ruas Baru yang Akan Dibangun

Jalur-jalur sirip juga dibutuhkan agar konektivitas antardaerah semakin luas.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 24 September 2019  |  06:54 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Proyek pengusahaan jalan tol Semarang—Demak rencananya dilanjutkan hingga ke Tuban dan Gresik, Jawa Timur.

Selain itu, jalur-jalur penghubung ruas tol tersebut juga akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sehingga Pulau Jawa memiliki jaringan tol yang lengkap dan terkoneksi.

Menteri Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa jalur-jalur sirip juga dibutuhkan agar konektivitas antardaerah semakin luas.

"Kami pasti juga akan butuh yang sirip-siripnya, misalnya, dari Cirebon ke Purwokerto. Tahun ini juga akan kami lelang dari Cigatas [Ciawi—Garut—Tasikmalaya] langsung ke Kulonprogo dan Solo ke Yogyakarta dan Bawen ke Yogyakarta," ujarnya, Senin (23/9/2019).

Ruas tol Semarang—Demak akan melengkapi jalan tol Trans-Jawa di jalur utara dan akan dilanjutkan dengan rute Kudus—Pati—Rembang—Tuban. Kemudian di jalur selatan akan dibangun jalan tol yang menghubungkan Ciawi—Garut—Tasikmalaya—Cilacap—Kulonprogo, dan Yogyakarta—Solo.

Basuki menambahkan bahwa pengusahaan ruas Semarang—Demak akan rampung pada 2022 dan pengerjaan ruas tol lanjutannya akan dimulai tahun depan.

"Jadi, semua sudah lengkap. Mudah-mudahan pergerakan ekonomi lebih baik lagi di Pulau Jawa," kata Basuki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan tol, tol trans jawa, tol semarang-demak

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top