Mau Ngirit Ongkos ke Lampung dengan Angkutan Umum? Ini Tipsnya

Ongkos yang dikeluarkan dengan menggunakan bus tidak langsung bisa jauh lebih murah dibandingkan menggunakan bus langsung.
Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra II
Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra II - Bisnis.com 11 September 2019  |  22:28 WIB
Mau Ngirit Ongkos ke Lampung dengan Angkutan Umum? Ini Tipsnya
Foto udara simpang susun KM 108 jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung, Sabtu (4/5/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, CILEGON — Kehadiran jalan tol Trans Sumatra dan dermaga eksekutif di lintas penyeberangan Merak—Bakauheni dinilai membuat perjalanan ke Lampung lebih cepat dan murah. Dengan menumpang angkutan umum, ongkos transportasi pun bisa ditekan.

Diolah dari berbagai sumber, Bisnis.com merangkum cara menuju Lampung dengan biaya cukup minim. Dari Jakarta atau kota lainnya, perjalanan darat ke Lampung harus menyeberang melalui Pelabuhan Merak.

Tarif bus Jakarta—Bandar Lampung untuk kelas eksekutif dibandrol di antara Rp230.000-Rp290.000. Ternyata, ongkos bisa lebih hemat bila menumpang bus tidak langsung.

Dari Jakarta, penumpang bisa naik bus tujuan Merak dengan tarif berkisar Rp25.000-Rp35.000. Saat ini, Terminal Bus Merak bersebelahan dengan Dermaga Eksekutif Sosoro.

Selanjutnya, penumpang bisa menyeberang dengan kapal feri melalui dermaga eksekutif dengan tarif Rp50.000. Interval kedatangan kapal setiap 2 jam, sedangkan waktu berlayar atau sailing time yang ditempuh antara 70-80 menit.

Setiba di Pelabuhan Bakauheni, sudah tersedia bus tujuan Bandar Lampung dengan tarif Rp40.000. Perjalanan dari Bakauheni ke Bandar Lampung memakan waktu 50 menit melalui jalan tol Bakauheni—Terbanggi Besar, jauh lebih singkat dibandingkan jika melewati jalan nasional yang bisa mencapai 3 jam.

Alhasil, dengan menumpang angkutan umum tidak langsung, ongkos transportasi dari Jakarta menuju Bandar Lampung yang dikeluarkan hanya sekitar Rp115.000-Rp125.000. Angka itu hanya separuh bila dibandingkan dengan tarif bus langsung.

Pengalaman bertandang ke provinsi berjuluk Sang Bumi Ruwa Jurai dengan cara "ngeteng" seperti itu pernah dilakukan Nugraha pada akhir Agustus 2019. Saat itu, dia merogoh kocek tak lebih dari Rp150.000 saat pergi ke Bandar Lampung untuk menonton pertandingan sepak bola Badak Lampung versus Persib Bandung.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Sumpah Pemuda itu sarat dengan penonton, terutama suporter dari tim tamu Persib Bandung. Pertandingan bahkan sempat dihentikan selama 3 menit pada menit ke-64 akibat penonton yang meluber ke luar tribun.

"Sekarang awayday ke Lampung ternyata lebih cepat karena dari Bakauheni [ke Bandar Lampung] kita lewat tol," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (11/9/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019, lampung, trans sumatra

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top