Listrik Sempat Padam, Layanan 4 Pelabuhan IPC Didukung Genset

PT Pelabuhan Indonesia II/IPC memastikan layanan operasional pelabuhan tetap berjalan saat listrik padam total di sebagian Pulau Jawa. 
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 05 Agustus 2019  |  06:28 WIB
Listrik Sempat Padam, Layanan 4 Pelabuhan IPC Didukung Genset
Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia II/IPC memastikan layanan operasional pelabuhan tetap berjalan saat listrik padam total (blackout) di sebagian Pulau Jawa. 

Sekretaris Perusahaan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II/IPC Shanti Puruhita mengatakan pihaknya memiliki empat cabang pelabuhan yang wilayah operasinya Pulau Jawa, yakni Pelabuhan Ciwandan Banten, Pelabuhan Sunda Kelapa, Pelabuhan Tanjung Priok, dan Pelabuhan Cirebon. 

"Pelayanan aktivitas bongkar muat maupun pelayanan dokumen [billing] pada empat pelabuhan itu saat ini berjalan dengan baik menggunakan sambungan genset dan beberapa proses manual," katanya dalam siaran pers, Minggu (4/8/2019) malam.

 Merujuk pada listrik padam total yang terjadi pada Minggu (4/8/2019), IPC tetap mengutamakan pelayanan jasa kepelabuhanan dapat berjalan lancar.

Dia berharap pihak terkait dapat segera menyelesaikan permasalahan ini agar aktivitas bongkar muat dapat berjalan seperti sebagaimana mestinya.

Plt Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Sripeni Inten Cahyani mengatakan bahwa gangguan aliran listrik terjadi pada pukul 11.45 lewat 27 detik pada Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi atau SUTET Ungaran-Pemalang. Hal itu, kata dia, yang menjadi awal pemadaman di sistem Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta.

Menurut dia, pada pukul 11.45 detik 27 Jawa Timur dan Bali normal. Begitu juga dengan Jawa Tengah, namun hanya Brebes yang gangguan. "Jadi 11.48 aman Jawa Timur, Bali aman. Jawa Barat, Banten, dan Jakarta black out," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
listrik padam, pelindo ii

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top