Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bentley System Ciptakan iTwin untuk Efisiensi Infrastruktur

Infrastruktur sampai saat ini masih menjadi primadona di Indonesia, tidak hanya dalam pembangunannya, semua pihak berlomba-lomba membuat teknologi yang mumpuni.
Ilustrasi - Pekerja menyelesaikan pembangunan fly over di kawasan Pancoran, Jakarta, Selasa (6/6)./JIBI-Nurul Hidayat
Ilustrasi - Pekerja menyelesaikan pembangunan fly over di kawasan Pancoran, Jakarta, Selasa (6/6)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Infrastruktur sampai saat ini masih menjadi primadona di Indonesia, tidak hanya dalam pembangunannya, semua pihak berlomba-lomba membuat teknologi yang mumpuni untuk dapat membangun infrastruktur di Indonesia.

Salah satu perusahaan yang sudah lama malang melintang di dunia termasuk di Indonesia adalah Bentley Systems. Sebuah perusahaan pengemban software untuk mendukung infrastruktur termasuk jalan raya, jembatan, bandara, gedung-gedung, industri dan pembangkit listrik termasuk jaringan utilitas.

Software ini digunakan oleh berbagai profesi yang berkaitan dengan infrastruktur yakni seperti insinyur, arsitek, perancang, kontraktor, perakit dan lain-lain

Bhupinder Singh, Chief Product Officer Bentley Sistems, mengatakan bahwa pihaknya dapat menyediakan servis yang memudahkan penggunanya dalam membangun infrastruktur melalui layanan digital Twin Cloud.

"Layanan iTwin dari Bentley memberikan  pandangan menyeluruh tentang aset, mengintegrasikan data dan melacak perubahan dari sistem yang berbeda dan kondisi dunia nyata dari sensor dan drone," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (19/6/2019).

Menurut Bhupinder, perbedaan iTwin dengan software infrastruktur lain yang sedang dikembangkan adalah data yang dikumpulkan adalah real time.  Di Indonesia sendiri, membangun infrastruktur berbeda dengan belahan dunia lainnya, karena harus beradaptasi dengan berbagai macam kendala termasuk adalah penanganan bencana,  data yang statis, dan kurangnya transparansi. 

"iTwin mengumpulkan dan mensinkronisasi data secara realtime untuk kalkulasi risiko, mengefisiensi kan tindakan dan mengakurasi anggaran semua dilakukan secara transparan karena bisa diakses siapa saja, " paparnya.

Bentley juga terlibat di beberapa proyek di Indonesia, terkadang  di bidang konstruksi dan desain. Bhupinder mencontohkan, kerja sama dengan PT Wijaya Karya untuk melakukan studi kelayakan perlindungan tanah longsor di Bogor dan Cianjur.

Dengan menggunakan drone udara dan aplikasi permodelan realitas, integrasi antara Bentley dan Wika memungkinkan tim untuk menyelesaikan seluruh pengambilan data dan model dalam satu hari dibandingkan dengan mengunakan metode konvensional yang membutuhkan waktu satu minggu.

Bhupinder mengatakan, saat ini pihaknya juga sedang melakukan diskusi dengan MRT Jakarta terkait tender yang akan berlangsung, meski bukan berbentuk kerja sama Bentley juga dapat memberikan insight kepada perusahaan-perusahaan.

Ke depan, pihaknya menargetkan bisa bekerja sama dengan pemerintah dan swasta dalam proyek-proyek yang akan dilaksanakan. Bentley Sistems mempekerjakan lebih dari 3.500 karyawan, menghasilkan pendapatan tahunan sebesar US$700 juta di 170 negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper