Pemprov Banten Mulai Uji Coba Tanam Bawang Putih

Dinas Pertanian Provinsi Banten segera melakukan uji coba atau Demonstration Plot (Demplot) penanaman bawang putih di sekitar daerah Gunung Karang Pandeglang dan di sekitar Gunung Halimun di Kabupaten Lebak.
Newswire | 14 Mei 2019 19:14 WIB
Pedagang membersihkan bawang putih di salah satu pasar tradisional di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (2/5/2019). - ANTARA/Arnas Padda

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Pertanian Provinsi Banten segera melakukan uji coba atau Demonstration Plot (Demplot) penanaman bawang putih di sekitar daerah Gunung Karang Pandeglang dan di sekitar Gunung Halimun di Kabupaten Lebak.

"Lokasinya ketinggian di atas 800 meter di atas permukaan laut (DPL). Kalau berhasil demplot bawang putih ini akan dikembangkan dalam skala besar dengan menggandeng investor," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid seperti dikutip Antara, Selasa (14/5/2019).

Ia mengatakan, saat ini tim dari Dinas Pertanian Provinsi Banten dan juga Kabupaten Lebak serta Distan Kabupaten Pandeglang, sedang melakukan identifikasi lokasi dari sisi kesesuaian lahan dan iklimnya.

"Kami masih menunggu hasil identifikasi tim dulu. Nanti setelah mendapatkan hasil identifikasi baru akan melakukan uji coba demplot bawang putih," kata Agus.

Ia mengatakan bawang putih merupakan tanaman pada dataran tinggi yakni lokasi yang berada diatas 700 sampai 1000 meter DPL. Ada beberapa lokasi yang berpotensi di Banten untuk dilakukan uji coba penanaman bawang putih diantaranya yang terluas di daerah Gunung Halimun di Kabupaten Lebak.

"Kita belum bisa menghitung secara pasti berapa luas yang nanti berpotensi untuk bisa dikembangkan tanaman bawang putih. Makanya kita menunggu hasil identifikasi tim," katanya.

Menurut Agus, tingginya harga bawang putih di pasaran saat menjelang Ramadhan disebabkan kemungkinan karena adanya permintaan yang tinggi.

Namun bisa dipastikan hampir seluruh kebutuhan bawang putih diperoleh melalui Impor, mengjngat secara agroklimat bawang putih bukan tanaman asli daerah Indonesia.

"Sekalipun demikian, melalui rekayasa teknologi sesungguhnya pengembangan bawang putih di Indonesia sudah bisa dilakukan meskipun dengan produktivitas yang tidak sama dengan habitat aslinya," kata Agus.

Oleh karena itu, Provinsi Banten dalam waktu dekat akan mencoba melakukan demplot penanaman bawang putih di daerah sekitar Gunung Karang dan Gunung Halimun dengan ketinggian diatas 800 meter DPL.

Dengan harapan, jika tanaman bawang putih tersebut cocok dikembangkan di Banten, minimalnya bisa untuk memenuhi kebutuhan sendiri masyarakat Banten.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Bawang Putih, hortikultura

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup