Presiden Jokowi: Semua Kementerian Masih Ruwet

Presiden RI Joko Widodo meluapkan kejengkelannya terhadap kinerja sejumlah lembaga negara. Terutama, yang terkait dengan perizinan investasi.
Hadijah Alaydrus | 09 Mei 2019 12:52 WIB
Presiden Joko Widodo berjalan di kawasan hutan saat meninjau salah satu lokasi calon ibu kota negara di Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rabu (8/5/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo meluapkan kejengkelannya terhadap kinerja sejumlah lembaga negara. Terutama, yang terkait dengan perizinan investasi.

Dalam Musyawarah Perencanaan Pengembangan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020, pria yang akrab disapa Jokowi itu mengaku jengkel melihat perizinan investasi yang masih rumit dan bertumpuk.

Menurutnya, ini terjadi di seluruh tingkatan pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat yang melingkupi kementerian dan lembaga.

"Semua kementerian masih ruwet. Saya selalu sampaikan ini berulang kali," ujar Presiden saat menjadi pembicara dalam acara tersebut, Kamis (9/5/2019).

Padahal, kata dia, investasi dan ekspor dibutuhkan untuk mengatasi defisit transaksi berjalan dan defisit neraca perdagangan. Artinya, Indonesia butuh investasi yang berbasis ekspor dan menjadi substitusi impor.

Jika dua masalah utama ini selesai, Presiden yakin Indonesia bisa melaju menjadi negara berpenghasilan tinggi.

Masalah rumitnya investasi ini menurutnya menjadi salah satu faktor penghambat terwujudnya Visi Indonesia 2045, yakni menjadi negara dengan ekonomi terbesar kelima di dunia.

Visi Indonesia 2045 ini merupakan pilar pembangunan menuju seabad kemerdekaan Indonesia. Pilar tersebut adalah pembangunan SDM dan penguasaan IPTEK, pembangunan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, serta ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
investasi, perizinan

Editor : Tegar Arief

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup