Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Akan Bangun Terowongan Khusus Satwa di Tol Jambi

Terowongan dibuat agar tidak menganggu habitat satwa pada wilayah yang dilalui jalan tol.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, OGAN ILIR - PT Hutama Karya (Persero) berencana membangun terowogan khusus satwa di jalan tol Betung-Jambi. Terowongan ini akan menjadi yang kedua setelah ruas Pekanbaru-Dumai.

Project Manager Hutama Karya Hasan Turcahyo mengatakan, terowongan dibuat agar tidak menganggu habitat satwa pada wilayah yang dilalui jalan tol. "Kalau di Pekanbaru terowonga gajah, di Jambi terowongan Harimau," ujarnya kepada Bisnis di Palembang, Kamis (2/5/2019).

Dia menambahkan, perjanjian pengusahaan jalan tol atau PPJT pada ruas Betung-Jambi direncanakan diteken pada tahun ini. Ruas sepanjang 190 kilometer ini menjadi lanjutan dari ruas Kayu Agung-Palembang-Betung.

Sebelumnya, di ruas Pekanbaru-Dumai, Hutama Karya juga akan membangun terowongan gajah. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

Dia mengatakan, desain perlintasan akan dibahas bersama dengan para pemangku kepentingan, antara lain Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, organisasi nonpemerintah, dan Hutama Karya selaku pemegang konsesi.

Menurut Danang, desain perlintasan memperhatikan aspek habitat alami gajah dan mengakomodasi koridor dan ruang transit untuk gajah. "Nanti akan ada lima terowongan untuk gajah agar jalan tol ini tidak mengganggu habitat mereka," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : jelajah sumatra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper