Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hutama Karya Akan Bangun Terowongan Khusus Satwa di Tol Jambi

Terowongan dibuat agar tidak menganggu habitat satwa pada wilayah yang dilalui jalan tol.
Tim Jelajah Infrastruktur Sumtra 2019
Tim Jelajah Infrastruktur Sumtra 2019 - Bisnis.com 03 Mei 2019  |  19:52 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, OGAN ILIR - PT Hutama Karya (Persero) berencana membangun terowogan khusus satwa di jalan tol Betung-Jambi. Terowongan ini akan menjadi yang kedua setelah ruas Pekanbaru-Dumai.

Project Manager Hutama Karya Hasan Turcahyo mengatakan, terowongan dibuat agar tidak menganggu habitat satwa pada wilayah yang dilalui jalan tol. "Kalau di Pekanbaru terowonga gajah, di Jambi terowongan Harimau," ujarnya kepada Bisnis di Palembang, Kamis (2/5/2019).

Dia menambahkan, perjanjian pengusahaan jalan tol atau PPJT pada ruas Betung-Jambi direncanakan diteken pada tahun ini. Ruas sepanjang 190 kilometer ini menjadi lanjutan dari ruas Kayu Agung-Palembang-Betung.

Sebelumnya, di ruas Pekanbaru-Dumai, Hutama Karya juga akan membangun terowongan gajah. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

Dia mengatakan, desain perlintasan akan dibahas bersama dengan para pemangku kepentingan, antara lain Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, organisasi nonpemerintah, dan Hutama Karya selaku pemegang konsesi.

Menurut Danang, desain perlintasan memperhatikan aspek habitat alami gajah dan mengakomodasi koridor dan ruang transit untuk gajah. "Nanti akan ada lima terowongan untuk gajah agar jalan tol ini tidak mengganggu habitat mereka," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hutama karya Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019

Sumber : jelajah sumatra

Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top