TPIP Akan Bahas Tingginya Harga Tiket Pesawat

Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) akan mengadakan rapat koordinasi secara rutin dalam rangka memastikan harga terkendali selama Ramadan dan Lebaran.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 23 April 2019  |  21:28 WIB
TPIP Akan Bahas Tingginya Harga Tiket Pesawat
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri) didampingi Ketua Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan penjelasan mengenai hasil rapat berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), di Jakarta, Selasa (23/4/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) akan mengadakan rapat koordinasi secara rutin dalam rangka memastikan harga terkendali selama Ramadan dan Lebaran.

Rapat tersebut juga akan membahas mengenai masalah tingginya harga tiket pesawat jelang mudik Lebaran 2019.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengakui adanya faktor musiman yang akan mendorong kenaikan harga tiket angkutan transportasi. Namun, hal ini akan diimbangi dengan terkendalinya inflasi bahan pangan.

"Biasanya dalam rapat koordinasi akan dibahas bagaimana langkah  antisipasinya, termasuk di Kemenhub ada pengaturan-pengaturan," ujar Perry, Selasa (23/04/2019).

Dia menegaskan ketersediaan dan pasokan barang dan bahan pangan sudah sangat terjaga sejak tahun lalu. Ini menjadi alasan yang mendorong harga bahan pangan tetap rendah dan terkendali.

"Bahkan beberapa masih mengalami deflasi dan perlu disadari komponen harga pangan sekitar 20 persen," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Perry menghimbau agar masyarakat membeli tiket angkutan mudik sejak jauh hari. Terlepas dari masalah tiket angkutan udara, Perry menegaskan pengendalian inflasi sejauh ini cukup baik.

BI meyakini inflasi akan mencapai di bawah 3,5 persen pada tahun ini. Pada minggu ketiga, Survei Pemantauan Harga (SPH) dari Bank Indonesia (BI) menunjukkan inflasi bulan April mencapai 0,31 persen (mtm) dan laju inflasi tahunannya sebesar 2,7 persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan Presiden dalam sidang kabinet paripurna telah menginstruksikan jajaran kabinet untuk memastikan ketersediaan harga pangan dan kelancaran transportasi.

"Sehingga ini akan menimbulkan suasana yang positif sehingga harga-harga terkendali dan stabilitas tetap terjaga," ujar Sri Mulyani. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sri mulyani, perry warjiyo, lebaran, Ramadan

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top