Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Properti Batam Masih Didominasi Pembeli Lokal

Pasar properti di Batam memiliki karakter yang berbeda, dengan banyaknya pembeli investor dari warga asing yang ingin investasi properti. Namun, Pollux beranggapan pasar pembeli lokal di kota itu masih sangat besar.
Megasuperblok Meisterstadt Batam
Megasuperblok Meisterstadt Batam

Bisnis.com, JAKARTA --Pasar properti di Batam memiliki karakter yang berbeda, dengan banyaknya pembeli investor dari warga asing yang ingin investasi properti. Namun, Pollux beranggapan pasar pembeli lokal di kota itu masih sangat besar.

Direktur Sales dan marketing PT Pollux properti Indonesia Tbk. Maikel Tanuwidjaya mengatakan pemilik properti lokal masih mendominasi wilayah Batam. Meskipun Batam kawasan strategis, investor asing hanya memiliki Hak Pakai.

Pergerakan pasar properti Batam mengalami perkembangan yang pesat. Maikel mengatakan Hal tersebut didorong oleh lokasi Batam yang strategis dan menjadi kawasan pembebasan pajak yang mendorong daya tarik investor.

PT Pollux Barelang Megasuperblok tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, salah satu proyek mereka, Megasuperblok Meisterstadt Batam yang berkolaborasi dengan keluarga besar mantan presiden RI Bj. Habibie membangun fase pertamanya dengan empat tower diluasan 9 hektar dengan satu tower khusus bersegmen milenials asing.

Maikel mengatakan, keempat Tower ini terdiri dari Tiga tower yang memiliki 700 unit per tower (A1,A2,A3) dan satu tower khusus (A5) bersegmen yang terdiri dari 385 unit dengan luasan kamar lebih luas dan memiliki tiga kamar tidur.

Maikel mengatakan salah satu tower bersegmen milenial eksekutif tersebut memang menyasar para remaja atau milenial asing yang ingin berkunjung ke Batam dengan melakukan berbagai aktifitas seperti pertemuan-pertemuan eksekutif dengan fasilitas hotel.

"Karena saat ini banyak warga Singapura dan Malaysia yang datang ke kawasan Batam setiap minggunya," ujarnya pada Bisnis, Kamis (28/03/2019).

Maikel menyebutkan bahwa projek megasuperblok ini sangat diminati oleh end user investor luar negri maupun dalam negri. Meskipun demikian, Meikel mengakui investor asing masih berada di 10% dari 90% investor lokal.

"Mostly hingga kini masih didominasi oleh investor dalam negri, sekitar batam, Sumatera dan Indonesia keseluruhan," ujarnya.

Di sisi lain, Maikel menyebutkan bahwa pergerakan pasar porperti Batam juga terus menggeliat. Banyak pengembang besar hingga pengembang asing yang sudah mulai mengantongi lahan Batam.

Maikel mengatakan bahwa meskipun terdapat pengembang asing, namun pengembang Indonesia masih tetap mendominasi. Sekitar sedikitnya 20% pengembang asing yang masuk dan sekitar 80% pengembang lokal yang mendominasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Putri Salsabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper