Proyek Properti di Batam Dulang Penghargaan FIABCI

Superblok Orchard Park Batam yang dikembangkan PT Agung Podomoro Land, Tbk. (APLN), meraih penghargaan dari Federasi Real Estate Internasional (FIABCI).
Anitana Widya Puspa | 25 Mei 2018 21:55 WIB
Pemandangan di satu sudut Kota Batam. - Dok. Kementerian Pariwisata

Bisnis.com, JAKARTA – Superblok Orchard Park Batam yang dikembangkan PT Agung Podomoro Land, Tbk. (APLN), meraih penghargaan dari Federasi Real Estate Internasional (FIABCI).

Pada kongres itu, Orchard Park Batam meraih World Silver Winners untuk kategori Master Plan. Direktur Orchard Park Batam, Lily Meilanny menyatakan Batam merupakan segitiga emas ASEAN sedang menjadi perhatian dunia.

Lily mengungkapkan Orchard Park Batam mampu perusahaan dinilai berhasil mentransformasikan lahan tandus menjadi sebuah hunian terintegrasi yang hijau dan asri, serta memicu dampak positif pada kawasan.

“Dampak positif yang dimaksud adalah menjadi pendorong tumbuhnya perekonomian, penyerapan tenaga kerja, hingga mendukung pengembangan lingkungan berkelanjutan,”katanya dikutip Jumat (25/5).

DPD REI Batam, Achyar Arfan mengatakn penghargaan untuk proyek di BatamHal tersebut membuka peluang bagi tumbuhnya perekonomian daerah, khususnya dari sektor properti yang memiliki multiplier effect t besar.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Achyar berharap pemerintah daerah dan pemegang otoritas setempat mulai mempersiapkan diri. “Tentunya para pengambil kebijakan harus mulai mengaplikasikan struktur perijinan yang bisa memicu tumbuhnya sektor properti di Batam,” imbuh dia.

Achyar menjelaskan, FIABCI merupakan asosiasi real estat tertua dan terbesar dunia yang bisa menjadi ajang menggali pengetahuan, membangun jaringan internasional dan pengalaman dalam menghadapi era digital dunia.

Tahun ini, FIABCI Indonesia mengirimkan delegasi terbanyak, sejumlah 70 orang. FIABCI Indonesia akan menjadi Tuan Rumah Asia Pacific Real Estate Congress (APREC) 2019 di Jakarta.

Lebih jauh, Achyar menjelaskan, kongres juga telah menetapkan Bali sebagai tuan rumah FIABCI Global Business Meeting pada 7-10 Desember 2018.

Pertemuan itu akan mengusung tema “Affordable Housing And Sustainable Tourism Development”. Diperkirakan 1200 delegasi akan menghadiri kegiatan tersebut.

FIABCI adalah akronim bahasa Perancis “Federation Internationale des Administrateurs de Bien-Conselis Immobiliers”, yang berarti Federasi Realestat Internasional (International Real Estate Federation).

Federasi real estat ini didirikan pada 1945, dan Indonesia mulai bergabung dalam FIABCI sejak 1977.

Saat ini ada lebih dari 60 negara yang terwakili di FIABCI. Sementara FIABCI Asia Pasifik meliputi Australia, India, Indonesia, Jepang, Korea, Macau, Malaysia, Philipina, Singapura, Taiwan dan Thailand. Indonesia terpilih menjadi Presiden FIABCI Asia Pasifik yang dijabat oleh Soelaeman Soemawinata yang merupakan Ketua Umum REI.

Tag : batam, fiabci
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top