Pelni-Garuda Berkongsi di Bisnis Logistik

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama layanan pengiriman kargo.
Rivki Maulana | 24 Mei 2018 10:53 WIB
KM Gunung tengah melakukan bongkar muat kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok. Kapal buatan galangan Meyer Werft, Jerman ini bisa mengangkut 98 TEUs kontainer di samping mengangkut penumpang. JIBI - Rivki Maulana

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama layanan pengiriman kargo.

Dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini bakal memadukan jaringan yang dimiliki masing-masing perusahaan untuk memperluas jangkauan pengiriman.

Nota perjanjian kerja sama diteken oleh Direktur Usaha Angkutan Barang Pelni, Harry Boediarto dan Direktur Kargo Garuda Indonesia, Sigit Muhartono di Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Harry mengatakan kerja sama dengan Garuda akan memperkuat bisnis angkutan barang Pelni, karena perseroan bisa mengandalkan kargo udara dari Garuda. Sebaliknya, Garuda juga memperdalam penetrasi jangkauan kargo daerah yang tidak terjangkau moda angkutan udara lewat jaringan Pelni.

“Dengan menggandeng Garuda Indonesia, bisnis Pelni di bidang layanan logistik akan semakin kompetitif dan tangguh," ujarnya di Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Di lain pihak, Sigit menilai kerja sama dengan Pelni akan memberikan nilai tambah bagi Garuda di layanan kargo. Kedua belah pihak juga sepakat untuk menjalankan layanan outlet Garuda-Pelni untuk memasarkan layanan kargo kepada pengguna jasa.

"Kerja sama dengan Pelni merupakan bagian dari ekspansi perseroan dalam memperluas jaringan kargo," ujarnya

Dia menambahkan optimalisasi jaringan kargo bakal menjadi tumpuan bagi Garuda untuk mendulang pendapatan dari bisnis kargo sebanyak US$248,3 juta sepanjang tahun ini.


Tag : garuda indonesia, kargo
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top