Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun PLTA Kayan, Menteri Jonan Siapkan Izin Khusus untuk Inalum

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menyambut baik rencana PT Indonesia Asahan Alumuniam (Inalum) yang hendak membangun PLTA di Sungai Kayan, Kalimantan Utara. Menurutnya, izin khusus akan diberikan kepada BUMN tersebut.
Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berupaya mempercepat penerbitan seluruh izin yang dibutuhkan untuk pembangunan PLTA Sungai Kayan./Kemendagri
Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berupaya mempercepat penerbitan seluruh izin yang dibutuhkan untuk pembangunan PLTA Sungai Kayan./Kemendagri

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menyambut baik rencana PT Indonesia Asahan Alumuniam (Inalum) yang hendak membangun PLTA di Sungai Kayan, Kalimantan Utara. Menurutnya, izin khusus akan diberikan kepada BUMN tersebut.

“Kami akan memberikan [izin] kepada [pihak] yang mengajukan program relevan, ya akan dikasih izin wilayah pengusahaan listrik untuk penggunaan kawasan industri,” tutur Jonan kepada Bisnis, Sabtu (19/5/2018).

Menurutnya, tidak masalah jika saat ini sudah ada sejumlah perusahaan yang telah memiliki izin untuk membangun PLTA di Sungai Kayan. Juga bukan persoalan bila Inalum akan menggunakan produksi listriknya untuk keperluan sendiri seperti operasional smelter.

“Kalau digunakan sendiri secara relevan akan diberikan izinnya,” terang Jonan.

Manajemen Inalum telah memastikan akan membangun pembangkit listrik tenaga air di Sungai Kayan, Kalimantan Utara, sekaligus jaringan transmisi sepanjang 200 kilometer (km) guna mendukung rencana pendirian smelter aluminium di wilayah tersebut.

Rencana ini terungkap dalam presentasi Prospek Pengembangan Smelter di Kalimantan Utara yang disampaikan Direktur Pengembangan Usaha Inalum Oggy Achmad Kosasih dalam acara buka puasa bersama dengan media, Jumat (18/5) malam.

Menurut Oggy, rencana pembangunan smelter aluminium dengan kapasitas 500.000 ton per tahun tersebut memerlukan listrik 767 megawatt (MW) dan gas 3.341 MMBTU per hari. Rencananya, Inalum akan membangun PLTA dengan kapasitas 850-1.700 MW.

“Industri peleburan aluminium memerlukan listrik yang kontinyu, stabil, andal, dan murah. Kami juga memiliki pengalamanan dalam operasional PLTA untuk operasional smelter,” tuturnya.

Dalam rencana Inalum, studi kelayakan pembangunan PLTA Kayan sudah mulai dilakukan pada 2017. Bila semua lancar, perusahaan ini akan mulai kontruksi pada 2019 sehingga bisa mendukung produksi smelter pada 2024.

Smelter tersebut terdiri dari pabrik wire rod dengan kapasitas 100.000 ton per tahun, pabrik billet berkapasitas 100.00 ton per tahun, serta pabrik alloy dengan kapasitas sebesar 300.000 ton per tahun. Untuk smelter Kaltara ini, menurut Dirut Inalum Budi G. Sadikin, perusahaan mengalokasikan investasi US$1 miliar atau Rp14 triliun.

Sungai Kayan, di Kabupatan Bulungan Utara, sejauh ini memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi PLTA dengan kapasitas 6.080 MW. Bahkan, untuk seluruh wilayah Kalimantan Utara termasuk Mentarang, Bahau, Malinau, dan Sembakung terdapat potensi hingga 10.830 MW.

Sejauh ini, proyek listrik di Sungai Kayan juga diincar oleh perusahaan swasta bekerja sama dengan investor China.

Kehadiran pabrik smelter Inalum di Kalimantan utara, lanjut Oggy, akan menyerap sedikitnya 1.700 tenaga kerja. Selain listrik dan prabrik, Inalum juga hendak membangun pelabuhan bersinergi dengan BUMN lain serta mendorong terbentuknya kawasan industri oleh pihak swasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hery Trianto
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper