Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Tol Pertama di Sumatra Barat Dibangun Bulan Ini

Pemerintah akan memulai tahap pertama konstruksi pembangunan jalan tol PadangPekanbaru pada bulan ini.
Jalur Tol Trans Sumatra (ANT)
Jalur Tol Trans Sumatra (ANT)

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah akan memulai tahap pertama konstruksi pembangunan jalan tol Padang—Pekanbaru pada bulan ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono mengatakan bahwa pengerjaan jalan tol Padang—Bukittinggi—Pekanbaru tahap pertama yakni ruas Padang menuju Sicincin, Sumatra Barat sepanjang 28 kilometer akan dimulai pada bulan ini.

Tahapan konstruksi dapat segera dimulai setelah adanya kesepakatan pembebasan lahan dengan warga.

"Saya sudah musyawarahkan dengan tokoh masyarakat, wali nagari, bersama Gubernur dan Wagub Sumbar, dan Bupati Padang Pariaman dan sudah disepakati, lengkap dengan berita acaranya untuk ketersediaan lahan. Sebelumnya trase sudah disiapkan, tapi warganya belum siap sehingga kami buat trase baru," ujarnya melalui siaran pers, Selasa (6/2/2018).

Jalan tol Padang—Bukittinggi—Pekanbaru sepanjang 254,80 kilometer merupakan sirip dari jalan tol Trans-Sumatra dan menjadi salah satu proyek strategis nasional sebagaimana tertuang dalam Perpres No. 58 Tahun 2017.

"Presiden ingin segera bisa dimulai untuk menjawab keinginan warga Sumbar. Sudah beberapa kali Presiden melalui jalan Padang Panjang—Bukittinggi yang sangat macet, terlebih pada hari-hari libur. Sekarang PT Hutama Karya sedang land clearing_di sana. Kami targetkan bisa dimulai Februari 2018," katanya.

pembangunan jalan tol Padang—Bukittinggi—Pekanbaru diperkirakan membutuhkan biaya Rp78,09 triliun dengan target penyelesaian selama 5 tahun hingga 2023.

Pembayaran pembebasan lahan akan menggunakan dana talangan dari PT Hutama Karya selaku badan usaha jalan tol yang ditugaskan pemerintah untuk membangun sejumlah ruas tol Trans-Sumatra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper