Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hutama Karya Akan Ajukan PMN Kembali untuk 9 Ruas Tol Trans-Sumatra

PMN yang akan diajukan tersebut akan digunakan untuk dua kegiatan, yakni pengoperasian dan konstruksi. 
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 03 Juni 2021  |  15:59 WIB
Hutama Karya Akan Ajukan PMN Kembali untuk 9 Ruas Tol Trans-Sumatra
PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus kebut pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), salah satunya yakni Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 1 (Padang-Sicincin) (Pacin) sepanjang 36km. - Hutama Karya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hutama Karya (Persero) akan kembali mengusulkan penanaman modal negara kepada pemerintah untuk mendukung konstruksi dan pengoperasian jalan tol Trans-Sumatra (JTTS).

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan pihaknya telah mendapatkan penanaman modal negara (PMN) pada tahun ini senilai Rp6,2 triliun untuk tiga ruas jalan tol di JTTS. Adapun, pengajuan PMN kedua akan ditujukan untuk konstruksi maupun pengoperasian setidaknya pada sembilan ruas di JTTS.

"Untuk nilai PMN yang diajukan saat ini masih dalam proses pembahasan internal perusahaan sehingga belum terdapat angka resmi yang bisa dikeluarkan," katanya kepada Bisnis, Kamis (3/6/2021).

Tjahjo menyampaikan bahwa PMN yang akan diajukan tersebut akan digunakan untuk dua kegiatan, yakni pengoperasian dan konstruksi. 

Menurutnya, akan ada tiga ruas yang akan memperoleh manfaat PMN tersebut dalam kegiatan konstruksi, yakni jalan tol MedanBinjai, PalembangIndralaya, dan PekanbaruDumai.

Sementara itu, setidaknya akan ada enam ruas yang akan terbantu dari PMN tersebut dalam kegiatan pengoperasian, yakni ruas Binjai—Langsa, Indralaya—Muara Enim, Kisaran—Indrapura, Kuala Tanjung—Parapat, Sigli—Banda Aceh, dan Pangkalan—Pekanbaru.

Selain itu, Tjahjo mengatakan PMN kedua tersebut juga akan membantu pengerjaan detail engineering design (DED) backbone lanjutan JTTS. Hutama Karya masih harus membangun enam ruas backbone JTTS hingga 2024.

Keenam ruas tersebut terbagi dalam konstruksi Tahap II dan Tahap III. Jalan tol backbone yang masuk dalam Tahap II adalah Betung—Tempino—Jambi (169 kilometer), Jambi—Rengat (198 kilometer), Rengat—Pekanbaru (207 kilometer), sedangkan yang masuk dalam Tahap III adalah Dumai—Rantau Parapat (181 kilometer), Rantau Parapat—Kisaran (112 kilometer), Langsa—Lhokseumawe (134 kilometer), Lhokseumawe—Sigli (157 kilometer), dan Pangkalan Brandang—Langsa (658 kilometer).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hutama karya trans-sumatra
Editor : Zufrizal
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top