Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Pusat Janjikan Dana Insentif Daerah

Kementerian Keuangan akan memberikan dana insentif daerah sebagai penghargaan terhadap kinerja sebuah pemerintah daerah. Dana insentif itu akan diberikan dengan sejumlah kriteria yang sudah diterapkan pemerintah pusat
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 21 Juni 2017  |  19:59 WIB
Pemerintah Pusat Janjikan Dana Insentif Daerah
Pembangunan ekonomi masih dikeluhkan publik - Bisnis Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Keuangan akan memberikan dana insentif daerah sebagai penghargaan terhadap kinerja sebuah pemerintah daerah. Dana insentif itu akan diberikan dengan sejumlah kriteria yang sudah diterapkan pemerintah pusat.

Boediarso Teguh Widodo, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu mengatakan, tujuan pemberian insentif selain untuk meningkatkan kesehatan fiskal juga diharapkan meningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Misalnya pelayanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur, serta administrasi pemerintahan daerah. Tujuannya adalah mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Boediarso, Rabu (21/6/2017).

Adapun pemberian insentif tersebut bisa dilakukan dengan membagi ke dalam dua kretiria yakni kriteria utama dan kinerja. Kriteria utama, akan dinilai berdasarkan opini Badan Pemeriksa Keuangan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah atau LKPD yang minimal berstatus wajar dengan pengecualian dan wajar tanpa pengecualian.

Selain itu, kriteria itu juga akan diterapkan berdasarkan penetapan peraturan daerah yang tepat waktu, e -planing dan e – budgeting. Penilaian dari kategori kinerja akan diberikan berdasarkan penilaian berdasarkan pencapaiannya dalam bidang pengelolaan daerah pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan.

“Jadi nanti ada tiga kategori kinerja, dengan tata kelola uang yang baik, prestasi penurunan kemiskinan, dan pelayanan pendidikan terbaik,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemda dau
Editor : Lutfi Zaenudin
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top