Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Usaha Kecil, Ini Langkah RPX Group

RPX Group menyiapkan strategi khusus untuk mendukung pengiriman barang milik usaha kecil menengah dalam negeri.
/Planespotters.net
/Planespotters.net
Bisnis.com, JAKARTA-RPX Group menyiapkan strategi khusus untuk mendukung pengiriman barang milik usaha kecil menengah dalam negeri.
 
Taufick D. Mochtar, Chief Executive Officer RPX Group mengatakan, sebagai anggota Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress Pos dan Logistik Indonesia (Asperinfo) mereka sangat mengapresiasi upaya asosiasi menggandeng PT Angkasa Pura II dalam hal pemberian insentif pergudangan.
 
Menurutnya hal tersebut akan berdampak positif yaitu memberikan manfaat bagi usaha kecil terutama dalam hal biaya pengiriman.
 
"Alokasi khusus di gudang AP II dan diskon khusus sewa gudang bagi UKM akan bisa menurunkan tarif pengiriman," katanya kepada Bisnis, Jumat (9/6/2017).
 

Dalam rangka itu, RPX mempersiapkan strategi untuk penetrasi pasar agar sesuai sasaran dan kebutuhan UKM dengan mempertimbangkan beberapa aspek, antara lain metode sosialisasi,  produk utama dari UKM, layanan pengambilan barang (pick up), proses dan waktu pengiriman (lead time).

 
Selain itu,  rute transportasi yang digunakan, kapasitas angkut (load factor) dan proses pengantaran barang juga dipertimbangkan.
 
Tantangan lainnya ialah mengatur dan bisa kerjasama dengan maskapai guna menyediakan angkutan udara supaya distribusi dapat lebih cepat.
 
Taufick optimistis usaha yang dilakukan asosiasi mampu memberikan peluang bisnis dalam menggarap potensi pengiriman ekspres, khususnya bagi perusahaan logistik sebagai anggotanya, sejalan perkembangan internet dan bisnis online.
 
Beberapa waktu lalu Asperindo dan AP II menandatangani perjanjian kerjasama terkait penyediaan slot pergudangan sebesar 100 ribu ton di bandara untuk pelaku usaha kecil. Slot tersebut tersedia di 13 bandara yang dikelola oleh AP II.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdul Rahman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper