Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Stadion Perth, Proyek LED Terbesar Philips Lighting di Dunia

Pemimpin global di bidang pencahayaan, Philips Lighting, mengumumkan penggunaan sistem pencahayaan Light Emitting Diode (LED) terbesar sesuai tipenya untuk stadion olahraga Australia terbaru, Perth Stadium, guna mendukung misi stadion ini menjadi stadion multi fungsi yang terdepan di belahan bumi selatan.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 29 Mei 2017  |  13:19 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin global di bidang pencahayaan, Philips Lighting, mengumumkan penggunaan sistem pencahayaan Light Emitting Diode (LED) terbesar sesuai tipenya untuk stadion olahraga Australia terbaru, Perth Stadium, guna mendukung misi stadion ini menjadi stadion multi fungsi yang terdepan di belahan bumi selatan.

Sistem pencahayaan LED stadion yang menyeluruh mencakup lebih dari 15.000 titik lampu LED yang dapat dikontrol dan dikelola melalui sebuah platform kontrol. Sistem pencahayaan ini memiliki fleksibilitas untuk menciptakan tampilan pencahayaan tiga dimensi lengkap (immersive) yang nampak mengitari stadion berkapasitas 60.000 orang ini.

Pencahayaan ini memiliki fleksibilitas dalam menghadirkan arena multi fungsi bagi para penonton untuk menyaksikan acara apa saja, mulai dari sepak bola dan kriket oleh tim setempat hingga konser musik rock terkenal dunia.

Operator pencahayaan dapat memadukan musik dan pencahayaan sebelum pertandingan dimulai, memastikan implementasi yang mulus dan menciptakan pertunjukan cahaya yang menakjubkan secara visual sebelum pertandingan berlangsung. Cahaya lampu sorot LED memenuhi kriteria standar pencahayaan olahraga untuk penyiaran HDTV.

Regional Director untuk Multiplex, pembangun stadion, Chris Palandri mengatakan pencahayaan LED stadion merupakan bagian integral dari perencanaan untuk menjadikan Perth Stadium sebagai stadion multi fungsi terdepan, tidak hanya di Australia Barat namun di seluruh belahan bumi selatan.

"Pencahayaan akan menjadi krusial dalam menghadirkan pengalaman menakjubkan bagi fans, baik untuk acara Australian Rules Football, kriket, konser musik rock, atau untuk tipe acara yang benar-benar berbeda. Stadion ini menjadi lambang mercusuar bagi seluruh komunitas," katanya dalam publikasi resmi Philips yang diterima Bisnis, Senin (29/5/2017).

Stadion ini memamerkan kapabilitas Philips Arena Experience. Pusat dari pencahayaan ini adalah sistem pencahayaan lapangan Philips Arena Vision LED yang terdiri dari lampu-lampu sorot LED dan sebuah panel kontrol. Sistem ini dapat disinkronkan dengan konsol pencahayaan eksternal bagi tipe pertunjukan cahaya dan acara yang berbeda.

Fasad dan kanopi atap stadion akan disinari oleh pencahayaan LED arsitektural Color Kinetics Philips dengan titik-titik lampu LED terkoneksi yang dapat dikontrol dengan mudah.

Sementara kanopi atap berfungsi sebagai kanvas raksasa dimana pertunjukan cahaya spektakular menggunakan pola dan citra dapat diciptakan melalui titik-titik lampu yang terkoneksi. Philips Lighting juga menghadirkan pencahayaan LED untuk area perkantoran dan hospitality di dalam stadion.

General Manager Philips Lighting ANZ, David Gardner mengemukakan proyek ini akan menjadi proyek LED stadion lengkap terbesar dari Philips Lighting dan implementasi pencahayaan stadion multi-fungsi LED terbesar sesuai jenisnya di dunia.

"Skala proyek ini benar-benar menunjukkan keseriusan orang-orang Australia dalam menyelenggarakan acara olahraga dan acara lainnya. Kami di Philips Lighting sangat bangga untuk memasang sistem pencahayaan LED stadion kelas dunia bersama Multiplex sebagai pembangun stadion, demi kenyamanan para fans.”

Stadion ini akan digunakan antara lain untuk penyelenggaraan Australian Rules Football, kriket, Rugby Union dan Rugby League, sepak bola dan acara-acaraentertainment. Dijadwalkan untuk dibuka tepat dengan dimulainya musim sepak bola Australian Rules Football 2018. Fasilitas ini akan dilayani oleh stasiun kereta dan bis serta jembatan penyeberangan pejalan kaki yang membentang di atas sungai Swan menuju pusat kota.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perth LED Philips
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top