Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hanson Tangguhkan Kerja Sama dengan Malaysia di Proyek Kota Maja

PT Hanson International Tbk. menangguhkan segala hal terkait kerja sama dengan mitra investor asal Malaysia dalam proyek pengembangan properti kota baru publik Maja, Banten.
Rancangan Kota Baru Maja/Ilustrasi-Istimewa
Rancangan Kota Baru Maja/Ilustrasi-Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hanson International Tbk. menangguhkan segala hal terkait kerja sama dengan mitra investor asal Malaysia dalam proyek pengembangan properti kota baru publik Maja, Banten.

Direktur Independen PT Hanson International Tbk. (MYRX) Adnan Tabrani mengatakan keputusan tersebut diambil menindaklanjuti keputusan mitra MYRX dari Malaysia yang berniat menghentikan kerja sama.

Mitra bisnis asal Malaysia tersebut yakni Sime Darby Berhad, I&P Group Sdn Bhd, dan SP Setia (Indonesia) Sdn Bhd. Bersama ketiga perusahaan tersebut, MYRX telah menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) pada Agustus 2016 untuk mengembangkan kompleks Citra Maja Raya.

Dirinya mengaku belum mengetahui secara pasti alasan ketiga mitra tersebut menghentikan kerja sama. Manajemen perusahaan memutuskan untuk mempercayakan penyelesaian pemutusan kerja sama tersebut pada anak usaha perusahaan patungan kerja sama tersebut.

“Untuk sementara kami diamkan dulu, kami bekukan dulu, kami tidak mau respons. Ada surat dari sana, kami diamkan saja. Kami biarkan orang kami yang waktu itu tanda tangani suratnya di depan Perdana Menteri Malaysia untuk menghadapi mereka,” katanya melalui sambungan telepon, Rabu (18/1/2017).

Adnan mengatakan status kerja sama sejauh ini belum batal. Lagi pula, belum ada perkembangan berarti dari hasil keputusan kerja sama keduanya sejak tahun lalu.

MYRX memutuskan untuk tetap melanjutkan aksi korporasi yang menjadi bagian dari MYRX, antara lain yakni terus melakukan proses akuisisi lahan di Maja. Menurutnya, bila terjadi pemutusan kerja sama pun tidak ada konsekuensi yang cukup berarti yang harus ditanggung MYRX sebab belum terjadi penanaman modal.

Saat ini, MYRX telah membebaskan lahan sekitar 300 hektar untuk kawasan pengembangan yang direncanakan akan dikerjasamakan. Total perusahaan memperoleh izin lokasi seluas 1.500 hektar di kawasan tersebut.

Kawasan ini berbeda dari kawasan pengembangan Citra Maja Raya I dan II yang dikembangkan Hanson bersama Ciputra. Kedua kawasan tersebut luasnya hampir 1.500 hektar. Saat ini, proyek properti residensial sudah dimulai di sana dan terus dipasarkan.

Semula, dalam kesepakatan kerja sama antara Hanson dan perusahaan Malaysia ini mencakup investasi senilai Rp11,29 triliun di atas lahan seluas 500 hektar.

Penandatanganan MoU disaksikan oleh Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan Perdana Menteri Dato Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak serta Ketua World Islamic Economic Forum (WIEF) Tun Musa Hitam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper