Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dongkrak Produksi Bawang, Sumbar Tambah Areal Tanam 2.000 Hektare

Guna meningkatkan produksi bawang merah, Pemprov Sumatra Barat berencana menambah sedikitnya 2.000 hektare luas tanam tahun depan.
Petani bawang merah akan memasuki panen raya/Bisnis
Petani bawang merah akan memasuki panen raya/Bisnis

Bisnis.com, PADANG—Guna meningkatkan produksi bawang merah, Pemprov Sumatra Barat akan menambah sedikitnya 2.000 hektare luas tanam tahun depan.

Candra, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sumbar, mengatakan produksi bawang merah daerah itu perlu digenjot, terutama dengan memperluas areal tanam sekitar 1.500 – 2.000 hektare pada 2017, guna mengejar produksi 200.000 ton.

“Akan tambah luas tanam, sehingga mampu meningkatkan jumlah produksi. Target kami produksi bisa tembus 200.000 ton,” katanya, Selasa (27/12/2016).

Menurutnya, bawang merah merupakan salah satu komoditas prioritas yang dikembangkan pemerintah setempat, mengingat kontribusinya yang cukup tajam terhadap inflasi daerah itu bersama cabai merah dan beras.

Dia mengungkapkan saat ini luas tanam bawang merah di Sumbar baru berkisar 8.000 hektare dengan produktivitas lahan mencapai 7 ton per hektare per tahun.

Sepanjang 2016, penambahan luas tanam juga dilakukan di Kabupaten Solok sebanyak 4.897 hektare, Solok Selatan 353 hektare dan Agam 284 hektare,

Selain itu, juga di Tanah Datar, Limapuluh Kota, Padang Pariaman, Dharmasraya, Pesisir Selatan dan Kota Solok.

Per Oktober tahun ini, produksi bawang merah daerah itu hanya mencapai 54.580,9 ton. Disebabkan banyaknya tanaman yang rusak akibat hama dan perubahan cuaca, sehingga menyebabkan produksi tidak maksimal.

“Bulan ini terjadi badai, sehingga banyak tanaman yang rusak. Juga hama dan penyakit yang mengganggu produksi bawang petani,” ujarnya.

Menurutnya, selain penambahan areal tanam, prioritas lainnya tentu saja pengendalian hama dan penyakit agar tingkat kerusakan tanaman yang berpotensi menyebabkan gagal panen bisa diminimalisir.

Meski belum optimal, produksi bawang merah tahun ini masih tumbuh 3,5% atau 1.850 ton dari periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 52.730 ton menjadi 54.580 ton.

Produksi terbesar dari Kabupaten Solok sebanyak 47.245 ton, Solok Selatan 3.370 ton, Agam 3.129 ton, Tanah Datar 505 ton, Limapuluh Kota 139 ton, Padang Pariaman 141 ton dan Pesisir Selatan 140 ton.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebutkan upaya menciptakan ketahanan pangan merupakan prioritas pemerintahannya. Terutama menjamin surplus komoditas yang paling rentan mempengaruhi inflasi.

“Komoditi bawang salah satu prioritas, selain cabai merah dan beras. Kami sudah surplus, tetapi akan terus dimaksimalkan produksinya,” kata Irwan.

Apalagi, komoditas pertanian di daerah itu tidak hanya dinikmati masyarakat Sumbar, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan pangan daerah tetangga, seperti Riau, Jambi, bahkan hingga ke Batam dan Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper