TRIK PROPERTI: Menyiasati Apartemen Sempit Jadi Tetap Nyaman Huni

Apartemen studio Anda terasa sangat kecil? Hanya memiliki satu kamar sehingga kadang Anda merasa tinggal layaknya di asrama dan itu membuat Anda frustasi? Bisa jadi Anda tidak sendiri. Banyak orang memiliki keresahan serupa dengan yang Anda rasakan.
News Editor | 02 November 2016 19:40 WIB
Selanjutnya, untuk menghadirkan aksen di ruangan, pilihlah yang membuat dampak besar tanpa harus mengambil banyak ruang. - bISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA - Apartemen studio Anda terasa sangat kecil? Hanya memiliki satu kamar sehingga kadang Anda merasa tinggal layaknya di asrama dan itu membuat Anda frustasi? Bisa jadi Anda tidak sendiri. Banyak orang memiliki keresahan serupa dengan yang Anda rasakan.

Kabar baiknya, hal itu dapat Anda siasati sehingga Anda tetap mendapatkan fungsi hunian yang nyaman dan layak untuk Anda tinggali.
Langkah pertama, cobalah perhatikan dengan baik ruangan sekitar apartemen Anda.

Tata letak furnitur Anda saat ini mungkin yang menjadi penyebab masalah ruang kecil Anda. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya?

Cara utama yang mungkin untuk dilakukan adalah dengan membagi  ruang persegi Anda menjadi zona untuk kegunaan tertentu, hal ini akan mengubah ruangan studio Anda menjadi rumah multi-ruangan.

Misalnya, Apakah apartemen Anda terasa lebih seperti kamar tidur ketimbang ruang mulitfungsi? Sebuah dinding dengan tinggi setengah tinggi dinding apartemen Anda dapat digunakan sebagai pemisah, sehingga ada batas tegas antara ruang yang satu dengan yang lain, antara kamar dengan ruang tamu misal.

Mendekorasi ruangan sempit bukan berarti harus mengorbankan gaya. Yang perlu Anda lakukan adalah rencana yang sesuai dan membuat pilihan desain yang cerdas.

Seperti halnya ruang penyimpanan berbagai barang, Anda dapat menggunakan rak buku atau lemari tinggi, sehingga Anda daat memanfaatkan ruang yang terdapat pada lantai, dan memaksimalkan ruang vertikal pada dinding.

Untuk furnitur, meski ruangan Anda sempit bukan berati harus memilih yang kecil, Anda hanya harus membeli furnitur dengan siluet yang ramping. Selain itu pertimbangkan juga untuk menggunakan meja dengan pelapis kaca pada bagian atas ddengan kaki-kaki berbasis logam tipis.
Furnitur ini memiliki kemampuan untuk mengambil ruang negatif dan membuat ruang terasa lebih lapang.

Selanjutnya, untuk menghadirkan aksen di ruangan, pilihlah yang membuat dampak besar tanpa harus mengambil banyak ruang. Sebuah karya seni berukuran lumayan besar atau vas bunga yang indah bisa memberi aksen yang kuat pada ruang. ()

Sumber : Rumahku.com

Tag : apartemen, Trik Properti
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top