Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenaker Buka Peluang Pelatihan Pemrograman bagi TKI

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dakhiri menyambut positif dan memberikan apresiasi langkah Badan Ekonomi Kreatif yang berhasil melaksanakan program pelatihan Coding Mom atau pelatihan bahasa pemrograman untuk ibu-ibu rumah tangga.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dakhiri menyambut positif dan memberikan apresiasi langkah Badan Ekonomi Kreatif yang berhasil melaksanakan program pelatihan Coding Mom  atau pelatihan bahasa pemrograman untuk ibu-ibu rumah tangga. 

Ke depannya diharapkan kerja sama program pelatihan Coding Mom yang lebih luas bagi para Tenaga Kerja Indonesia khususnya para pekerja wanita sehingga bisa memperoleh penghasilan secara mandiri.

Hanif juga membuka peluang agar jurusan khusus coding  dapat diterapkan di Balai-balai Latihan Kerja sehingga para lulusan BLK bisa memilki keahlian di teknologi informasi (IT).

"Kita harapkan program pelatihan Coding Mom dapat terus berjalan baik bagi para TKW. Bahkan, kerja sama dapat ditingkat  lebih lanjut dengan membuka jurusan coding di BLK, sehingga nantinya lulus BLK dapat merambah sektor IT dengan menjadi programmer, " katanya dalam keterangan tertulis usai mengadakan pertemuan dengan Kepala Bekraf Triawan Munaf di kantor Kemnaker Jakarta, Senin (26/9/2016).

Sementara Triawan menyatakan pelatihan coding dengan target peserta pelatihan TKI di luar negeri bertujuan untuk memberikan kemampuan tambahan bagi para TKI agar seusai masa kerjanya TKI diharapkan kembali ke tanah air dan bekerja sebagai programmer.

Triawan menambahkan permintaan kesempatan kerja dengan formasi programmer sangat tinggi. Hal tersebut diakuinya tak lepas dari pesatnya laju perkembangan bisnis berbasis star-up (perusahaan yang belum lama beroperasi).

"Para alumni pelatihan coding mom dapat memanfaatkan kemampuannya untuk menambah pemasukan. Misalnya dengan bekerja sebagai freelancer di perusahaan start-up maupun membuka usaha start-up nya sendiri, " katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper