Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRIK PROPERTI: Bahan Alami Pengusir Hewan Pengganggu Rumah

Ternyata Anda bisa mengusir mereka tanpa menggunakan zat kimia yang membahayakan tubuh. Cukup gunakan bahan ini, mereka pun akan kabur jauh-jauh.
Serai. /Bisnis.com
Serai. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Tanpa disadari, begitu banyak hewan yang hidup di rumah kita, namun tidak diinginkan kehadirannya. Selain sangat mengganggu, banyak di antara hewan-hewan itu yang menyeramkan dan bisa membahayakan. Kalau sudah begini, Anda harus mengambil langkah pembasmian bukan?

Ternyata Anda bisa mengusir mereka tanpa menggunakan zat kimia yang membahayakan tubuh. Cukup gunakan bahan ini, mereka pun akan kabur jauh-jauh. Ini dia yang Anda perlukan:

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang Anda gunakan untuk memasak bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut yang bandel, lho! Caranya, cukup mencampurkan perasan satu buah jeruk nipis dengan 50cc air.

Setelah itu, lap permukaan meja, kabinet, atau tempat-tempat yang dilalui semut dengan serbet yang telah dicelupkan ke dalam campuran. Mudah kan?

2. Serai

Gigitan nyamuk berpotensi membuat seseorang terkena penyakit DBD. Jika rumah tengah mendapatkan serangan nyamuk secara besar-besaran, Anda dapat membuat ramuan khusus alami dari minyak serai.

Campurkan 10 tetes minyak serai ke dalam mangkuk berisikan satu liter air. Letakkan wadah tersebut pada sudut-sudut ruangan. Biarkan selama beberapa hari untuk hasil yang maksimal.

Aroma serai sangat dibenci oleh nyamuk. Dijamin deh, hewan ini tidak akan berani masuk jika Anda melakukan cara di atas.

3. Merica

Merica yang belum dihaluskan bisa Anda manfaatkan untuk membuat kecoa jauh-jauh dari rumah. Cukup dengan menyimpan bahan tersebut ke dalam sehelai kain kasa, lalu ikat dengan karet gelang.

Buat beberapa buah bungkus merica, lalu letakkan di tempat-tempat yang dilalui kecoa. Ingat! Gunakan butiran merica asli untuk hasil yang efektif.

4. Garam

Menaburkan garam dapur di sekitar rumah akan membuat rayap mati seketika. Jika ingin lebih manjur, larutkan garam dan tambahkan dengan tembakau. Biarkan seluruh bahan menyatu dengan air selama satu malam.

Langkah selanjutnya, siapkan semprotan lalu masukkan cairan tersebut ke dalamnya. Setelah itu, semprotkan perabotan di rumah yang terkena serangan rayap. Jangan lupa semprotkan juga pada tempat mereka bersarang.

5. Bawang Putih

Usir si spidey alias laba-laba dengan bawang putih. Siapkan dua hingga tiga siung, potong-potong, lalu masukkan ke dalam botol semprot yang sudah diisi air.

Semprotkan cairan air yang sudah ter-infused dengan bawang putih tersebut ke tiap sudut ruangan terutama yang gelap dan lembap. Hal ini dapat mencegah laba-laba membuat sarang di sana.

6. Mengkudu

Buah mengkudu yang berkhasiat untuk kesehatan ternyata bermanfaat juga untuk mengusir tikus di rumah. Caranya mudah! Potong-potong mengkudu lalu tempatkan buah ke dalam beberapa wadah. Kemudian, letakkan di ruangan yang Anda sinyalir kerap dilalui tikus.

Ketika melakukan cara ini, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan, ya! Buah mengkudu sendiri mengandung banyak getah yang dapat menimbulkan rasa gatal.

Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Urbanindo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper