Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Kapal di Tanjung Intan Cilacap Lampaui Target Semester I, Ini Pemicunya

Salah satu pelabuhan lain yang dikelola PT Pelindo III (Persero), yaitu Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap mencatatkan pencapaian realisasi arus kunjungan kapal yang melebihi taget semester I/2016.
Pelabuhan Tanjung Intan/jatengprov.go.id
Pelabuhan Tanjung Intan/jatengprov.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu pelabuhan lain yang dikelola PT Pelindo III (Persero), yaitu Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap mencatatkan pencapaian realisasi arus kunjungan kapal yang melebihi taget semester I/2016.

Arus kunjungan kapal di pelabuhan yanv terletak di Cilacap pada paruh pertama 2016 berhasil melampaui target dengan mencatatkan kenaikan sebesar 131,62%.

“Hal tersebut dapat tercapai karena peningkatan pelayanan bongkar muat barang, baik dari dalam negeri maupun luar negeri dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya,” ujar GM Pelindo III Tanjung Intan Fariz Hariyoso dalam siaran pers, Minggu (31/7/2016).

Lebih lanjut Fariz menjelaskan, pelampauan target yang ditetapkan sebelumnya dapat dilihat dari jumlah kapal yang datang dan juga dari satuan bobot kapal dalam gross tonnage (GT).

Arus kunjungan kapal periode Januari sampai dengan Juni 2016 melampaui target sebesar 102,7%, dengan realisasi jumlah kunjungan kapal sebanyak 800 unit atau setara dalam satuan gross tonnage tercapai sebesar 131,62% dengan jumlah 10.664.102 GT.

“Hal ini karena meningkatnya arus kunjungan kapal yang bermuatan komoditi bag cargo, curah kering seperti biji gandum, klinker, raw sugar, dan batu bara,” paparnya.

Fariz menambahkan pencapaian target pada semester I/2016 juga terlihat pada kinerja pelayanan barang baik luar negeri maupun dalam negeri yang menunjukkan hasil memuaskan, baik dalam satuan T/G/H (Ton/Gross/Hour) maupun T/S/D (Ton/Ship/Day).

Realisasi kinerja pelayanan barang luar negeri semester I/2016 sebesar 118,33 T/G/H melampaui target yang sebesar 100 T/G/H atau tercapai 118,33%. Sedangkan dalam satuan T/S/D yang sebesar 5.422,47 T/S/D melampaui anggaran sebesar 4.500 T/S/D atau tercapai 120,50%.

Hal ini disebabkan kegiatan bongkar muat barang impor biji gandum dan ekspor klinker yang didukung oleh crane kapal dan ketersediaan angkutan yang memadai.

Realisasi kinerja pelayanan barang dalam negeri semester I/2016 sebesar 157,56 T/G/H melampaui target yang sebesar 100 T/G/H atau tercapai 157,56%. Sedangkan dalam satuan T/S/D yang sebesar 4.174,95 T/S/D melamapaui target 4.000 T/S/D atau tercapai sebesar 104,37%.

“Kontribusi peningkatan tersebut didapat dari bongkar muat batu bara milik PT S2P dan PT Holcim di dermaga umum yang dikerjakan langsung oleh Pelindo III dengan peralatan bongkar muat yang memadai sehingga sangat efisien,” kata Fariz.

Berdasarkan data Pelindo III, pelayanan jasa bongkar muat barang (stevedoring) di Pelabuhan Tanjung Intan pada semester I/2016 juga menunjukkan peningkatan apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Realisasi pelayanan jasa bongkar muat barang pada periode tersebut tercatat sebesar 1.670.872 ton atau meningkat sebesar 62,87%  dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 1.025.887 ton. Hal ini disebabkan adanya peningkatan kegiatan batubara via tongkang,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper