Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Tanjung Intan Tambah Fasilitas Baru Seharga US$4,56 M

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menambah fasilitas alat berat berupa 1 (satu) unit forklift dan pengadaan 4 (empat) unit hopper untuk Cabang Pelabuhan Tanjung Intan.
Pelabuhan Tanjung Intan/pelindo.co.id
Pelabuhan Tanjung Intan/pelindo.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menambah fasilitas alat berat berupa 1 (satu) unit forklift dan pengadaan 4 (empat) unit hopper untuk Cabang Pelabuhan Tanjung Intan.

Supervisor Perencanaan dan Administrasi Teknik Wahju Widyansjah menjelaskan penambahan fasilitas tersebut ditujukan untuk memperlancar dan meningkatkan kinerja kegiatan bongkar muat di pelabuhan yang terletak di Cilacap itu.

“Sedianya 1 unit forklift dan 4 unit hopper yang didatangkan langsung dari PT Berca Mandiri Perkasa dan PT Bina Obor Enginindo Nusantara Sidoarjo, Jawa Timur ini akan dipergunakan untuk mendukung kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Intan, utamanya untuk kegiatan handling curah kering,” katanya dalam siaran pers, Senin (3/8/2015).

Dia memaparkan 1 unit forklift dan 4 unit hopper tersebut memiliki kapasitas masing-masing 15 ton. Investasi ini didasari arus bongkar muat khususnya komoditi curah kering yang terus meningkat.

“Nilai investasi yang dikeluarkan oleh PT Pelindo III (Persero) untuk pengadaan kelima alat tersebut mencapai Rp 4,56 miliar,” tuturnya.

Menurutnya, pengadaan alat berat tersebut merupakan sarana untuk meningkatkan kinerja pelayanan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Intan terkait kesiapan pelaksanaan kegiatan bongkar muat yang ditangani secara full handling oleh Pelindo III Tanjung Intan.

“Untuk forklift mempunyai kecepatan angkut 15 km/jam sedangkan untuk hopper dengan kecepatan bongkar 15 m³/menit  yang masih dalam proses perakitan sampai sebulan ke depan sehingga dijadwalkan baru bisa beroperasi  pada awal September depan,” tambahnya.

Dengan adanya penambahan alat penunjang bongkar muat, kecepatan bongkar  barang dari kapal ke dermaga di Pelabuhan Tanjung Intan dapat optimal sebagai pendukung pembangunan perekonomian Jawa Tengah.

Perkembangan kinerja bongkar muat barang luar negeri semester I tahun 2015 di Pelabuhan Tanjung Intan sebesar 202.55 T/G/H (Ton/Gang/Hour). Jika dibandingkan dengan realisasi periode yang sama tahun 2014 mengalami peningkatan sebesar 171,23% yang tercapai sebesar 118,29 T/G/H.

Sementara itu, realisasi kinerja pelayanan barang dalam negeri semester I tahun 2015 sebesar 192,26 T/G/H dan apabila dibanding dengan realisasi periode yang sama tahun 2014 mengalami peningkatan sebesar 26,27% yang tercapai sebesar 126,27 T/G/H.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper