Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRIK PROPERTI: Empat Cara Atasi Masalah Atap Rumah

Kebocoran pada atap rumah bisa disebabkan oleh banyak hal. Jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan baik, kondisi atap tentu akan semakin memburuk.
Atap bocor /urbanindo
Atap bocor /urbanindo

Bisnis.com, JAKARTA - Kebocoran pada atap rumah bisa disebabkan oleh banyak hal. Jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan baik, kondisi atap tentu akan semakin memburuk.

Masalah pun akan bertambah ketika musim penghujan tiba. Air hujan yang jatuh akan masuk ke dalam rumah melalu celah atap sehingga menimbulkan lembap dan banjir. 

Agar hal itu tidak terjadi pada Anda, ketahui dulu kerusakannya dan lakukan penanggulan dengan tepat. Berikut tipsnya untuk Anda.

  • Perbaiki Genteng

Sering kali, permasalahan kebocoran pada atap disebabkan oleh posisi genteng yang bergeser. Selain itu, penempatan posisi genteng yang tidak pas juga bisa menimbulkan celah dan menjadi jalan masuknya air. Untuk itu, cek serta perbaiki posisi genteng secara berkala.

Tidak cuma posisi, bocor pun bisa diakibatkan oleh genteng yang pecah, retak, atau bahkan hilang. Hal itu bisa disebabkan oleh hewan atau hempasan angina yang kencang. Segera ganti bagian yang rusak tersebut agar atap tidak mengalami kebocoran!

  • Beri Lapisan Kedap Air

Salah satu cara efektif dan hemat untuk mengatasi kebocoran adalah dengan menggunakan lapisan waterproof alias kedap air. Anda dapat melakukan proses ini jika kerusakan pada genteng atau atap belum terlalu besar, seperti lubang atau retak kecil.

Pengaplikasiannya cukup mudah kok. Cukup mengoleskan bahan pelapis tersebut pada bagian yang bermasalah lalu tunggu hingga mengering.  Cairan kedap air itu sendiri akan masuk ke dalam lubang serta retakan dan berfungsi sebagai penambal.

Cara lain, Anda bisa menggunakan karpet atau alas anti air seperti terpal untuk menutupi bagian genteng yang mengalami kebocoran. Ini merupakan alternatif sementara jika Anda tak sempat memperbaiki atap ketika hujan sudah tiba.

TRIK PROPERTI: Empat Cara Atasi Masalah Atap Rumah

  • Rombak Atap

Kesalahan konstruksi, elevasi genteng dan atap yang tidak sesuai, serta pemilihan material yang kurang baik juga bisa membuat air merembes masuk ke dalam rumah. Masalah seperti ini harus ditanggulangi dengan memperbaiki serta menyempurnakan bagian tersebut. Bahkan jika kerusakannya sudah parah, Anda pun sangat dianjurkan untuk merombak kembali bagian atap rumah.

Hindari kesalahan ini sejak dini atau sejak saat Anda membangun rumah. Lakukan hal ini dengan serius agar nantinya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan yang banyak. Bayangkan uang yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki bagian atap tersebut jika dilakukan dengan asal. Tentu akan sangat mahal.

  • Perbaiki Saluran Air

Saluran air yang mampet, pecah, ukurannya terlalu kecil, atau tingkat kemiringannya tidak tepat dapat berefek pada merembesnya air dari atap ke dalam rumah. Jika masalah itu terjadi pada Anda, segera cek talang air serta pipa pembuangan yang terpasang pada bagian atas rumah.

Lakukan pembersihan saluran air dari daun-daun, lumut, serta sampah secara rutin agar saluran tersebut dapat berfungsi dengan baik. Perbaiki pula posisinya jika terjadi pergeseran atau perubahan bentuk pipa saluran.

Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda semua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Urbanindo.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper