Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Solusi Persiapan Rumah Menghadapi Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Perhatkikan rumah Anda agar terhindar dari rembesan, apa lagi kebocoran, agar properti Anda tetap terpelihara dengan baik.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 November 2020  |  16:36 WIB
Ilustrasi/Antara - Pixabay
Ilustrasi/Antara - Pixabay

Bisnis.com, JAKARTA – Memasuki kuartal IV, biasanya musim hujan pun hadir kembali sehingga penghuni rumah harus mengantisipasi hujan lebat yang berkemungkinan disertai dengan angin kencang.

Musim hujan juga berpotensi membuat rumah Anda bocor atau rembes pada atap maupun dinding.

Perusahaan produk perawatan properti Aquaproof dalam siaran pers pada Rabu (4/11/2020) menyatakan bahwa retak kecil sekalipun pada bagian rumah dapat membuat air mengalir dan merusak bagian rumah.

Untuk itu, pemilik atau penghuni rumah sebaiknya mengecek bagian hunian untuk mencegah kerusakan yang lebih berat imbas diterpa hujan.

Berikut enam solusi persiapan rumah musim hujan dari Aquaproof:

Pertama, cek kondisi rumah. Saat cuaca panas, pengecekan dapat dilakukan dengan melihat kondisi rumah seperti noda bekas rembes pada plafon, dinding bergelembung dan berjamur, retak pada dinding luar. Saat hujan, cek juga seluruh ruangan adakah tanda-tanda air masuk mengakibatkan bocor dan rembes.

Kedua, bersihkan saluran air, seperti saluran air pada atap beton. Jangan biarkan ada sampah yang menyumbat sehingga tidak menimbulkan genangan air terlalu lama.

Ketiga, waterproofing. Pilih produk waterproofing yang efektif. Pemilihan produk juga memengaruhi investasi jangka panjang bangunan Anda, produk yang tepat membuat umur bangunan lebih panjang dan tidak terulang terus-menerus masalah bocor dan rembes.

Keempat, lakukan reparasi mandiri pada bagian rumah yang mudah dijangkau. Area dinding luar bagian teras misalnya dapat direparasi mandiri dengan mengelupas cat lama yang sudah jelek, dan melapisinya dengan cat pelapis anti bocor yang andal.

Kelima, gunakan jasa tukang. Panggil jasa reparasi untuk bagian yang sulit dijangkau dan memerlukan penanganan khusus. Untuk menangani bagian plafon hingga atap beton atau atap genteng yang sulit dijangkau, sebaiknya menggunakan jasa tukang yang lebih paham cara aplikasi dan produk yang tepat.

Jangan segan konsultasikan masalah hunian Anda kepada ahli agar tidak salah dalam menangani masalah dan tidak keliru saat membeli produk perawatan rumah.

Keenam, gunakan cat pelapis. Jika Anda memutuskan untuk melakukan perawatan sendiri, Aquaproof menyatakan produk mereka bisa dipakai menggunakan kuas, roll maupun airless spray untuk bidang yang luas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perumahan bocor

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top