Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRIK PROPERTI: Ini Cara Buat Ruangan Gelap Lebih Terang di Rumah

Setiap rumah atau bangunan tinggal pasti memiliki sumber pencahayaan, baik itu yang bersifat alami seperti lewat jendela, maupun cahaya buatan dari lampu.
Untuk menciptakan nuansa ceria, Anda bisa memakai kursi berwarna biru. /rumahku
Untuk menciptakan nuansa ceria, Anda bisa memakai kursi berwarna biru. /rumahku

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap rumah atau bangunan tinggal pasti memiliki sumber pencahayaan, baik itu yang bersifat alami seperti lewat jendela, maupun cahaya buatan dari lampu. Namun, tak jarang ada beberapa rumah atau ruangan di dalam rumah yang tampak suram, gelap dan cenderung lembap. Contohnya, bagian belakang rumah, ruang tengah, lorong, gudang dan sebagainya.

Ruangan atau tempat yang tidak terjamah oleh cahaya alami dan masih tak maksimal, meski telah memakai lampu. Bila Anda memiliki rumah tinggal dengan kondisi ini, coba simak sejenak ulasan berikut. Ada beberapa cara jitu mencerahkan ruangan yang gelap dengan cara sederhana dan mudah, seperti :

  • Perhatikan Dinding dan Langit-Langit Ruangan

Untuk ruangan yang cenderung gelap, suram dan lembap sangat disarankan memakai warna-warna cat cerah. Warna-warna terang untuk menghilangkan kesan menakutkan di ruangan tersebut. Penerapannya tidak hanya di dinding, tapi juga langit-langit ruangan. Salah satu warna terbaik ialah putih.

Warna cerah seperti putih bisa mendominasi sebuah ruangan gelap dan dikombinasikan dengan furnitur berwarna cerah dan kontras. Misalnya biru, merah, krem dan sebagainya. Bila kurang suka dengan dominasi warna putih, Anda bisa mengombinasikannya dengan warna cerah lain, agar ruangan tampil lebih ekspresif dan ceria.

  • Jangan Takut Bermain Motif

Guna menghilangkan aura suram dan kesan monoton pada ruangan gelap, jangan takut bermain dengan motif atau pola. Misalnya seperti memilih dekorasi dinding dengan wallpaper.

Jangan khawatir ruangan tampak sempit karena motif atau pola. Hal yang perlu diperhatikan ialah memilih motif yang tepat dan tahu cara menerapkannya. Pilih motif dengan warna cerah. Misalnya, warna dinding putih dan dipadukan dengan motif tutul atau polkadot berwarna hitam. Perpaduan yang tak hanya mencerahkan dan memperindah, tapi juga lebih lapang.

  • Warna Jadi Titik Fokus

Cara lain mencerahkan dan memperindah ruangan gelap di rumah ialah lewat warna-warna yang didekorasi. Misalnya kaligrafi, lukisan dengan warna tertentu, dan sebagainya. Warna-warnanya tampak menyatu dan harmonis dengan dinding yang sebelumnya sudah memakai warna cerah.

Perpaduan warna dinding cerah dan dekorasi tampak hidup, serta memberikan keceriaan di ruangan gelap. Bila suka, Anda bisa melengkapi ruangan dengan aksesori lain yang mendukung. Misalnya, dinding putih, dihiasi lukisan berwarna merah yang menciptakan titik fokus. Untuk menciptakan nuansa ceria, Anda bisa memakai kursi berwarna biru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Rumahku.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper