Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sterilisasi Jalur KA Pelabuhan, Kalog: Tim Pengamanan akan Dibentuk

Tim pengaman akan dibentuk guna menjaga dan melakukan sterilisasi jalur kereta api pelabuhan lintas Jakarta International Container Terminal Cikarang Dry Port.

Bisnis.com, JAKARTA - Tim pengaman akan dibentuk guna menjaga dan melakukan sterilisasi jalur kereta api pelabuhan lintas Jakarta International Container Terminal – Cikarang Dry Port.

VP Container PT Kereta Api Logistik (Kalog) Ruhara AM menuturkan, hal tersebut dilakukan setelah warga sekitar mempertanyakan bagaimana pengamanan dan sterilisasi kawasan empalsemen Jakarta International Container Terminal (JICT). “Sosialisasi sudah dilakukan. Tinggal mencari tim pengamanan,” kata Ruhara, Rabu (20/4/2016).

Saat ini, tambahnya, dalam uji coba pemberangkatan tersebut diketahui Kereta Api Pelabuhan mampu mengangkat kontainer lebih dari 50% atau sektiar 34 twenty-foot equivalent units (TEUs) dari 60 TEUs dalam sehari.

Meskipun begitu, ketika akan dioperasikan secara resmi, dia optimistis angkutan kontainer KA Pelabuhan dapat mencapai rata-rata 90%. Menurutnya, guna memenuhi hal tersebut, perusahaan akan terus melakukan pemasaran.

Selain mengetahui dapat mengangkut kontainer dengan muatan 34 TEUs, uji coba keberangkatan tersebut juga memperlihatkan teknis operasional KA Pelabuhan telah berjalan dengan baik. Oleh karena itu, saat ini yang perlu dilakukan adalah terkait koordinasi dengan pihak operator terminal.

Dia mengungkapkan, terkait dengan perlintasan sebidang merupakan wilayah PT Kereta Api Indonesia dan sejauh ini sudah ada yang mengatur dari stasiun terdekat. Dia mengatakan, isu perlintasan sebidang masih harus dikoordinasikan antara PT KAI dan Pemerintah Daerah DKI Jakarta. “Mau seperti sekarang atau kedepannya akan ada perubahan?” katanya.

Adapun terkait dengan tarif, Ruhara enggan memberitahukannya dengan pasti berapa besarannya. Namun, dia mengungkapkan, besaran tarifnya masih kompetitif dengan angkutan kontainer menggunakan jasa truk. Menurutnya, tarif minimal KA Pelabuhan sama dengan menggunakan truk, Rp1,5 juta – Rp1,7 juta per 20 kaki.

Untuk sekedar diketahui, setelah melakukan uji coba pada Februari silam, KA Pelabuhan kembali melakukan uji coba. Kali ini, pengujian tersebut merupakan pengujian pemberangkatan dari JICT ke CDP.

Uji coba pemberangkatan tersebut dilakukan sejak 7 April 2016 hingga 12 April 2016. Adapun KA Pelabuhan tersebut dalam satu hari yang berangkat hanya 1 rangkaian dengan stamformasi 30 gerbong datar atau setara 60 TEUs.

Setelah uji coba dilakukan, rencananya Presiden Joko Widodo akan meresmikannya. Terkait dengan peresmian tersebut, saat ini masih menunggu konfirmasi dari sekretariat negara atau kementerian kemaritiman.

Terkait dengan KA Pelabuhan, General Manager of Marketing & Communication PT Kawan Lama Sejahtera – Induk PT Ace Hardware Indonesia Tbk., Teresa Wibowo pada bulan lalu menuturkan akan banyak membantu mengingat distribusi perusahaan berada di kawasan Jababeka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper