Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kapal FSU dan FRU Hari Ini Mulai Pasok Gas ke PLTG Pesanggaran

Penyaluran pertama kali gas ke fasilitas milik PT Indonesia Power unit Pesanggaran, dari kapal Floating Storage Unit atau FSU, dan Floating Regasification Unit atau FRU akan dimulai pada hari ini.
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 20 April 2016  |  09:15 WIB
Seorang petugas melintas di depan salah satu mesin PLTG Pesanggaran - Feri Kristianto
Seorang petugas melintas di depan salah satu mesin PLTG Pesanggaran - Feri Kristianto

Bisnis.com, DENPASAR - Penyaluran pertama kali gas ke fasilitas milik PT Indonesia Power unit Pesanggaran, dari kapal Floating Storage‎ Unit atau FSU, dan Floating Regasification Unit atau FRU akan dimulai pada hari ini.

Dalam rilis yang diperoleh Bisnis, ‎Manager Terminal PT Pelindo Terminal Logistik (PEL) Suryawan mengungkapkan pihaknya sudah memastikan kesiapan proses penyaluran gas ini melalui koordinasi dengan operator kapal.

"Pengecekan alat dan kesiapan pekerja di lapangan menjadi faktor penting agar dapat berjalan lancar dan efisien," ujarnya, Rabu (20/4/2016).

Dia memaparkan‎ satu unit kapal FSU sepanjang 184,7 meter telah sandar di dermaga selatan Pelabuhan Benoa, Bali, yang dikelola oleh PEL, anak usaha PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III. ‎ Kapal Haiyang Shiyou 301 yang berbendera Tiongkok tersebut memiliki empat tangki sebagai tempat penyimpanan Liquified Natural Gas (LNG) dengan kapasitas total penyimpanan 31.000 meter kubik.

Kapal tersebut sandar tepat di sisi fasilitas Floating Regasification Unit (FRU) bernama Lumbung Dewata yang datang lebih dahulu pada 30 Maret 2016. Sebelumnya, Haiyang Shiyou 301 bertolak dari Bontang, Kalimantan Timur, dengan mengangkut LNG untuk diolah kembali menjadi gas (regasifikasi) di kapal FRU Lumbung Dewata dan kemudian dialirkan ke pembangkit gas di Pesanggaran.

Nantinya kapal FSU dan FRU tersebut akan tetap bertambat di dermaga selatan dan terintegrasi dengan terminal untuk proses pembongkaran gas.‎ Sementara itu, suplai LNG diangkut dari Bontang ke Benoa, menggunakan kapal carrier bernama Surya Satsuma.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gas fsru pltg
Editor : Gita Arwana Cakti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top