Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Taksi Online: Pemerintah Diminta Ikuti Perkembangan Teknologi Aplikasi

Mengatur transportasi di Indonesia memang tak mudah. Selain butuh nyali, pemerintah juga harus mengikuti perkembangan teknologi digital berbasis aplikasi.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 15 Maret 2016  |  12:27 WIB
Taksi Online: Pemerintah Diminta Ikuti Perkembangan Teknologi Aplikasi
Pengemudi angkutan darat demonstrasi menentang transportasi berbasis aplikasi online. - Bisnis/Gloria Lawi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menilai demo sopir angkutan umum yang dilakukan Senin (14/3/2016) tidak akan terjadi jika pemerintah bisa mengikuti pesatnya laju teknologi digital, khususnya layanan berbasis IT.

"Mengatur transportasi di Indonesia memang tak mudah. Selain butuh nyali, pemerintah juga harus mengikuti perkembangan teknologi digital berbasis aplikasi," ujarnya, Selasa (15/3/2016).

Dia menuturkan masih terjadinya konflik antara pengusaha angkutan umum konvensional dan perusahaan aplikasi yang menawarkan layanan transportasi menyiratkan belum maksimalnya peran pemerintah dalam mengakomodasi perubahan jenis-jenis angkutan umum.

"Kemajuan IT sebenarnya dapat memberi kemudahan bagi pengguna transportasi. Harusnya pemerintah bisa memfasilitasi pengusaha transportasi umum yang ada demi percepatan IT dalam operasi layanan," jelasnya.

Menurutnya, pemblokiran aplikasi bukanlah jalan keluar untuk memecahkan masalah yang terjadi di sektor transportasi umum saat ini.

"Sekarang bagaimana caranya mewujudkan transportasi umum yang menggunakan layanan berbasis IT sehingga pengguna jasa mendapat kemudahan transportasi yang transparan," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Grab Taxi Kontroversi Taksi Aplikasi taksi uber taksi online
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top