Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsep Kota Cerdas Kian "Booming", Bekasi Ikut Siapkan Platform SSP

Inisiatif Smart City atau kota cerdas saat ini sedang marak di berbagai kota di Indonesia. Kota-kota di Indonesia berlomba-lomba untuk menjadi kota yang lebih Smart dalam memberikan pelayanan kepada warganya, tidak kecuali Bekasi.
Smart City. /Bisnis.com
Smart City. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Inisiatif Smart City atau kota cerdas saat ini kian marak di berbagai kota di Indonesia. Kota-kota di Indonesia berlomba-lomba untuk menjadi kota yang lebih Smart dalam memberikan pelayanan kepada warganya, tidak kecuali Bekasi.

Dalam rangka memperingati HUT kota Bekasi yang ke-19, salah satu rangkaian acara yang dilakukan oleh Bekasi adalah meluncurkan dimulainya Patriot Operation Center (POC) secara soft.

POC ini merupakan inovasi dari Kota Bekasi untuk mewujudkan Bekasi Smart City yaitu kota yang aman, nyaman dan berkelanjutan dengan dukungan teknologi, peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dan tatakelola yang baik.Konsep ini berjalan di atas sebuah platform yang dinamakan Smart System Platform (SSP) dan didukung oleh berbagai aplikasi Smart City.

SSP ini dikembangkan oleh ITB dan didukung oleh Telkomsel. Smart System Platform adalah platform seamless integration sehingga seluruh kota lambat laun bisa terintegrasi menjadikan lebih mudah memahami dan melakukan pengendalian. Kuncinya, tata kelola dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik.

"Platform ini merupakan dasar dari pembangunan Bekasi Smart City yang terintegrasi. Saat ini sudah dimulai dengan berbagai komponen awal kota seperti kondisi kesehatan, lingkungan , ekonomi maupun beberap lalu lintas kota," ucap Ketua Tim Peneliti Smart City ITB Suhono Harso Supangkat dalam keterangan tertulis, Senin (7/3/2016).

Salah satu layanan atau aplikasi Smart City yang ada di dalam POC ini adalah aplikasi pelaporan dan aspirasi dari masyarakat. Saat ini terdapat dua buah aplikasi pelaporan dan aspirasi masyarakat yang sudah terintegrasi dengan POC yaitu aplikasi POT dan Aplikasi SOROT.

POT kepanjangan dari Pelaporan Online Terpadu merupakan aplikasi yang disediakan khusus oleh Pemkot Bekasi bagi warganya. Sedangkan SOROT adalah kepanjangan dari Smart Online Reporting and Observation Tools, merupakan sebuah aplikasi pelaporan yang dikembangkan dari hasil penelitian di ITB.

Warga atau masyarakat dapat bebas memilih untuk melaporkan dan memberikan aspirasinya melalui POT atau melalui SOROT. Setiap laporan yang diberikan oleh masyarakat ke pemerintah melalui aplikasi POT dan SOROT dirancang kedepannya langsung ditindaklanjuti oleh dinas atau kelurahan setempat. Masyarakat dapat memberikan laporan atau masukannya melalui web atau mengunduh aplikasi SOROT di Google Play.

Dengan terintegrasinya aplikasi pelaporan POT dan SOROT pada Patriot Operation Center, Wali Kota Bekasi dapat segera memantau tindak lanjut dari laporan dan aspirasi masyarakat secara langsung dari POC. Dengan demikian, tindak lanjut dari laporan masyarakat dapat segera diberikan dengan cepat dan tepat.

"Ini masih tahap awal, karena baru menyangkut platform. Banyak dinas yang belum siap , baik infrastruktur maupun ekosistemnya atau kesiapan sumber daya manusia dan kecukupan tata kelolanya," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper