Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Edukasi Tambang Newmont Luncurkan Buku Antologi

PT Newmont Nusa Tenggara meluncurkan buku antologi dari 31 peserta Sustainable Mining Bootcamp (SMB).
Lokasi penambangan PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) di Batu Hijau, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat/Antara-Prasetyo Utomo
Lokasi penambangan PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) di Batu Hijau, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat/Antara-Prasetyo Utomo
Bisnis.com JAKARTA - PT Newmont Nusa Tenggara meluncurkan buku antologi dari 31 peserta Sustainable Mining Bootcamp (SMB).
 
Rubi W. Purnomo, Head of Corporate Communication PTNNT mengungkapkan SMB merupakan kegiatan edukasi bagi masyarakat umum untuk mendapatkan kesempatan melihat secara langsung kegiatan tambang, pengelolaan lingkungan dan reklamasi, program tanggung jawab sosial, serta berinteraksi langsung dengan masyarakat di sekitar lokasi tambang.
 
"PTNNT berkomitmen untuk menyelenggarakan kegiatan tambang yang transparan. Melalui kegiatan bootcamp ini, kami berharap dapat memperkaya wawasan peserta mengenai seluk-beluk dunia pertambangan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat di sekitarnya," ujarnya saat peluncuran Buku Antologi berjudul "Buka-Bukaan Dunia Tambang" di Mal Gandaria City, Kamis (11/2/2016).
 
Dalam kegiatan SMB, para peserta juga dapat menikmati keindahan alam Sumbawa Barat tempat PTNNT beroperasi.
 
Adapun, buku tersebut merupakan kumpulan tulisan dari 31 peserta yang menceritakan pengalaman peserta saat berkunjung ke Batu Hijau, Sumbawa Barat dan bekas lahan tambang PT Newmont Minahasa Raya (PTNMR) di Sulawesi Utara.
 
Salah satu peserta, M. Zacky menceritakan pengalamannya dalam tulisan berjudul Wisata Tambang (Ndasmu Mlocot)". Bahkan, Zacky meminum air proses tailing untuk membuktikan hal tersebut tidak berbahaya.
 
Peserta lain, Rahmasari Noor Hidayah, mengambil sudut pandang yang berbeda. Dia menyoroti ketangguhan para perempuan pengemudi haul truck, kendaraan pengangkut muatan tambang yang berkapasitas maksimal 240 ton. Dalam tulisannya yang berjudul Perempuan-Perempuan Tangguh di Balik Dunia Tambang", Rahmasari menceritakan setidaknya ada 11 dari 100-an mobil haul truck yang saat ini aktif beroperasi di kawasan tambang Batu Hijau dikendarai oleh perempuan.
 
"Sesuai dengan semangat berbagi dan transparansi yang kami usung, para peserta SMB dapat mengunggah serta membagikan apa pun yang mereka lihat dan alami. Kami menjamin kunjungan ini bebas dari intervensi dan para peserta juga tidak mendapatkan imbalan, katanya.
 
Adapun, sejak pertama kali diluncurkan pada 2011, program ini telah digelar empat kali dan memberangkatkan peserta dengan beragam usia, profesi, asal daerah, serta memiliki semangat tinggi untuk membagikan pengalaman mereka di media sosial.
 
Perusahaan juga bakal menggelar SMB Batch V kelima yang akan dilaksanakan pada 14 hingga 22 Februari 2016 mendatang. Ajang itu akan diikuti 20 peserta terpilih dari lomba karya tulis dengan tema "Tambang dan Pengelolaan Lingkungan." Selain itu, juga ada tujuh peserta lainnya yang dijaring melalui kuis pada akun media sosial PTNNT.
 
Lomba karya tulis ini diselenggarakan secara daring (online) dan berhasil menjaring hampir 500 peminat. Seluruh peserta akan diajak mengunjungi tambang Batu Hijau, menengok program-program tanggung jawab sosial perusahaan, menelusuri keindahan alam Sumbawa Barat, sekaligus turun langsung berinteraksi dengan masyarakat lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper