Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Xpressair Lebarkan Sayap Bisnis di Sumatra

Maskapai penerbangan asal Indonesia bagian timur Xpressair melebarkan sayapnya dengan membuka beberapa rute di Sumatra secara serentak.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU-- Maskapai penerbangan asal Indonesia bagian timur Xpressair melebarkan sayapnya dengan membuka beberapa rute di Sumatra secara serentak.

Beberapa rute yang ada di Sumatera itu, ialah Palembang, Pekanbaru dan Tanjung Pinang. Xpressair menggunakan Pesawat Dornier 328-300 dengan membawa maksimal 32 penumpang terbang dari Palembang ke Pekanbaru, kemudian bertolak ke Tanjung Pinang, kembali ke Pekanbaru dan terakhir kembali ke Palembang

Koordinator Areal Maneger Xpressair Ensar Chindra mengatakan pesawat terbang enam hari dalam seminggu, pengecualian pada Hari Rabu.

"Xpressair tidak hanya ingin eksis di Indonesia Timur. Tetapi juga di wilayah Barat, yaitu di Pulau Sumatera," katanya, di Pekanbaru, Ahad (20/12/2015).

Ensar menilai banyak masyarakat Pekanbaru yang ingin berpergian ke Tanjung Pinang. Selama ini, rute Pekanbaru-Tanjung Pinang sempat ditutup setelah Riau Air Lines tidak terbang semenjak tiga tahun silam.

Sementara itu, rute Pekanbaru-Palembang, hanya diterbangi satu pesawat, selain Xpressair, yaitu Maskapai Wings Air yang baeu membuka rute perdananya, dua pekan silam.

"Penumpang full saat penerbangan perdana," katanya.

Sebelumnya, Xpressair sudah membuka rute di Bandar Lampung-Bandung dan Sumatera Selatan-Yogyakarta. Xpressair sudah membuka rutenya di Malaysia. Selanjutnya akan melebarkan sayap di rute-rute penerbangan internasional.

Xpressair adalah maskapai yang berbasis di Makassar berdiri pada tahun 2003. Fokus dari maskapai penerbangan ini adalah wilayah timur Indonesia. Penghubung utamanya antara lain Jayapura, Sorong  Ternate dan Makassar.

Sementara itu, Ketua Airport Operator Coommite Pekanbaru Wahyu Wijanarko mengatakan bahwa penerbangan di Pekanbaru sudah semakin ramai.

"Semakin ramai maskapai, penumpang semakin terbantu, maka pelayanan maskapai semakin baik," katanya.

Sebelumnya, ada tiga maskapai yang membuka rute baru, yaitu NAM Air dengan rute Pekanbaru-Sumatera Utara, Jetstar dengan rute Pekanbaru-Singapura dan Wings Air dengan rute Pekanbaru-Jambi. Tahun ini, ada penambahan 5 maskapai untuk rute Pekanbaru Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper