Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Carmelita Pimpin INSA Periode 2015-2019

Indonesian National Shipowners' Association (INSA) akhirnya memiliki Ketua Umum definitif Carmelita Hartoto untuk periode 2015-2019 dalam Rapat Umum Anggota (RUA) ke XVI-Lanjutan yang digelar di Royal Ballroom Hotel J W Marriot, Surabaya pada hari ini, Jumat (11/12).
Carmelita Hartoto terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemilik Kapal Nasional periode 2015-2019 secara aklamasi dalam rapat umum Insa XVI./JIBI
Carmelita Hartoto terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemilik Kapal Nasional periode 2015-2019 secara aklamasi dalam rapat umum Insa XVI./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA—Indonesian National Shipowners' Association (INSA) akhirnya memiliki Ketua Umum definitif Carmelita Hartoto untuk periode 2015-2019 dalam Rapat Umum Anggota (RUA) ke XVI-Lanjutan yang digelar di Royal Ballroom Hotel J W Marriot, Surabaya pada hari ini, Jumat (11/12).

Ini merupakan kali kedua bagi Carmelita untuk memimpin INSA setelah sebelumnya menjabat Ketua Umum periode 2011-2015.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan anggota INSA yang kembali memilih saya menjadi Ketua Umum. Ini merupakan tanggung jawab yang besar, sebab tantangan dunia pelayaran ke depan bukannya semakin mudah,” ungkap Carmelita dalam rilis INSA, Jumat (11/12/2015).

Carmelita yakin dengan dukungan dari seluruh pengusaha kapal dari pusat hingga ke daerah, baik pengusaha besar hingga pengusaha kecil, INSA akan mampu menghadapi tantangan dunia pelayaran.

Carmelita menyatakan Indonesia yang memiliki potensi maritim yang sangat besar, dan tentunya menarik bagi siapa saja, termasuk pihak-pihak asing. Karenanya, kedudukan INSA di masa mendatang sangat strategis.

Hal yang paling dekat adalah Masyarakat Ekonomi ASEAN yang menuntut pelaku usaha pelayaran untuk bersaing dengan dunia pelayaran Negara di kawasan Asia Tenggara.

Dengan demikian, menurutnya, INSA dalam periode 2015-2019 harus terus menjadi saluran utama perjuangan dunia pelayaran nasional.

Pertama, INSA harus berada di garda terdepan dalam mengawal pelaksanaan asas cabotage dan beyond cabotage secara kritis dan konsisten, serta mendorong pemerintah dan jajarannya untuk memperbesar porsi angkutan kapal berbendera Merah Putih di sektor muatan ekspor dan impor yang kini belum terlaksana dengan baik.

Kedua, INSA harus berada di garda terdepan dalam mendorong lahirnya kebijakan-kebijakan yang pro kepada pemberdayaan industri pelayaran nasional, baik dari sisi kebijakan fiskal maupun perbankan.

“Kita melihat keinginan Presiden Joko Widodo untuk memajukan dunia maritim nasional. Menteri Perhubungan juga memiliki keinginan untuk menjadikan dunia pelayaran dapat bersaing dengan negara di kawasan. Karenanya, INSA akan menjadi mitra strategis sekaligus kritis terhadap pemerintah,” ujar Carmelita.

Adapun, dalam RUA ini juga dipilih Formateur Pendamping untuk menemani Carmelita dalam menyusun kepengurusan INSA. Sebab, menurut AD-ART INSA, Ketua Umum terpilih harus didampingi formateur dalam menentukan susunan Dewan Pimpinan Pusat.

Sejumlah pejabat serta ketua Asosiasi hadir dalam RUA XVI-Lanjutan ini. Tampak Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan P. Roeslani; Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani, Direktur Utama PT Pelindo III, Djarwo Suryanto; Ketua KADIN Jawa Timur, La Nyala Mataliti, Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesai (ALI), Zaldi Masita; Ketua Umum Aptrindo, Gemilang Tarigan.

RUA XVI-Lanjutan dibuka oleh Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Wahid Wahyudi yang secara resmi mewakili Gubernur Jawa Timur. Hadir juga mewakili Menteri Perhubungan, Kepala Otoritas Kantor Pelabuhan Tanjung Perak-Surabaya, Sugeng Wibowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper