Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KONSESI PRIOK: Serikat Pekerja JICT Duga Ada Pelanggaran Hukum

Sekretaris Jenderal Serikat Pekerja JICT Mokhammad Firmansyah mengatakan PT Pelabuhan Indonesia II telah melalaikan kewajibannya memenuhi persyaratan pendahuluan yang diatur dalam Amandemen Konsesi terkait kelanjutan perpanjangan konsesi dengan Hutchison Port Holdings. Pihak Serikat Pekerja JICT akan menindaklanjuti hal tersebut melalui proses hukum.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 22 Juli 2015  |  18:52 WIB
KONSESI PRIOK: Serikat Pekerja JICT Duga Ada Pelanggaran Hukum
Foto udara kawasan Pelabuhan Tanjung Priok. - Antara/Widodo S. Jusuf
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta—Sekretaris Jenderal Serikat Pekerja JICT Mokhammad Firmansyah mengatakan PT Pelabuhan Indonesia II telah melalaikan kewajibannya memenuhi persyaratan pendahuluan yang diatur dalam Amandemen Konsesi terkait kelanjutan perpanjangan konsesi dengan Hutchison Port Holdings. Pihak Serikat Pekerja JICT akan menindaklanjuti hal tersebut melalui proses hukum.

“Dia [Pelindo II] sepihak melakukan rental fee. Kami indikasikan patut digugat. Kami akan tindak lanjuti ini dengan proses hukum,” ujarnya dalam Konferensi Pers Tolak Konsesi di Cikini, Jakarta, Rabu (22/7).

Dia menyebutkan pelanggaran yang diduga dilakukan oleh Pelindo II diantaranya secara sepihak mengubah struktur organisasi di JICT dan Direktur Utama Pelindo II mengirimkan invoice tertanggal 23 Juni 2015 atas kewajiban membayar rental cost.

“Seharusnya yang memiliki hak konsesi itu pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan atau Otoritas Pelabuhan. Otoritas Pelabuhan baru memberikan konsesi ke Pelindo, baru Pelindo ke pihak ketiga,” jelasnya.

Pada 2013, JICT memperoleh pendapatan hingga US$280 juta. Dengan dikelola oleh 800 pekerja dari dalam negeri, Serikat Pekerja JICT meyakini dapat mengelola pelabuhan petikemas internasional itu tanpa melibatkan pihak asing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt pelindo ii jict
Editor : Bastanul Siregar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top