Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNP2TKI Buka Lowongan Perawat di Jepang

Badan Nasional Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia membuka pendaftaran calon tenaga kerja Indonesia perawat untuk penempatan di Jepang pada tahun 2016

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Nasional Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia membuka pendaftaran calon tenaga kerja Indonesia untuk penempatan di Jepang pada 2016.

Ada dua posisi yang ditawarkan yakni nurse atau perawat dan care worker atau perawat orang jompo. Kesempatan kerja ini merupakan program kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Jepang dalam kerangka Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA).

Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah Haryadi Agah seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, waktu pendaftaran berlangsung pada tanggal 2 Maret-3 Juni 2015.

 Adapun tempat pendaftaran untuk perawat di Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Jl. Hang Jebat III/F3 Lantai 6 Kebayoran Baru Jakarta Selatan atau secara online di website http://bppsdmk.kemkes.go.id/tkki/june/pendaftaran/

Lokasi pendaftaran lainnya di kantor Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) atau Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (UPTP3TKI). Bisa juga di Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (LP3TKI).

Sedangkan tempat pendaftaran Calon TKI Careworker dilakukan oleh BP3TKI/UPTP3TKI atau LP3TKI di masing-masing daerah.

Calon TKI akan melalui seleksi administrasi, tes tertulis kemampuan keperawatan dan tes bahasa Jepang atau Japanese Quiz dan Aptitude Test oleh Japan International Corporation Welfare Services (JICWELS) dan Interview oleh institusi pengguna rumah sakit atau panti lansia.

Pada saat interview dengan JICWELS, calon TKI akan diminta menandatangani pernyataan bersedia untuk diambil gambarnya melalui video.

Selama proses seleksi tersebut diatas JICWELS akan membagikan password dan nomor ID kepada masing-masing calon TKI nurse dan TKI careworker untuk pelaksanaan proses matching melalui website JICWELS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper