Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebaran IKM Membuntut Industri Besar

Penyebaran industri kecil dan menengah (IKM) selama lima tahun ke depan didorong membuntuti pusat-pusat perkembangan industri skala besar

Bisnis.com, JAKARTA--Penyebaran industri kecil dan menengah (IKM) selama lima tahun ke depan didorong membuntuti pusat-pusat perkembangan industri skala besar

Seperti halnya kondisi umum industri skala besar yang 70% berlokasi di Pulau Jawa, IKM juga demikian. Perbandingan antara pengusaha di Jawa dan pulau lain sebesar 62,17% : 37,83%. Oleh karena itu dalam lima tahun mendatang penyebaran IKM tetap diutamakan untuk mendekati industri besar.

Hal itu sejalan dengan target kementerian menumbuhkan 13 kawasan industri baru di luar Jawa sampai 2019. Pebisnis kecil dan menengah diharapkan lebih memadati struktur rantai pasok untuk menyuplai  kebutuhan komponen industri besar.

Dirjen IKM Kemenperin Euis Saedah mengatakan setiap tahun sedikitnya muncul 3.000 calon wirausaha baru skala kecil dan menengah. Tapi tidak semua dari ribuan orang ini yang bisnisnya langsung berlanjut, berkembang, bahkan bertahan.

“Yang jadi 20% sampai 30% dari ribuan yang dilatih saja itu sudah bagus,” ucapnya. Calon wirausaha lain bukan berarti kandas. Tak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk bergabung dengan wirausaha lain selama setahun hingga dua tahun barulah berani berdiri sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper