Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sebaran IKM Membuntut Industri Besar

Penyebaran industri kecil dan menengah (IKM) selama lima tahun ke depan didorong membuntuti pusat-pusat perkembangan industri skala besar
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 27 Januari 2015  |  00:23 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Penyebaran industri kecil dan menengah (IKM) selama lima tahun ke depan didorong membuntuti pusat-pusat perkembangan industri skala besar

Seperti halnya kondisi umum industri skala besar yang 70% berlokasi di Pulau Jawa, IKM juga demikian. Perbandingan antara pengusaha di Jawa dan pulau lain sebesar 62,17% : 37,83%. Oleh karena itu dalam lima tahun mendatang penyebaran IKM tetap diutamakan untuk mendekati industri besar.

Hal itu sejalan dengan target kementerian menumbuhkan 13 kawasan industri baru di luar Jawa sampai 2019. Pebisnis kecil dan menengah diharapkan lebih memadati struktur rantai pasok untuk menyuplai  kebutuhan komponen industri besar.

Dirjen IKM Kemenperin Euis Saedah mengatakan setiap tahun sedikitnya muncul 3.000 calon wirausaha baru skala kecil dan menengah. Tapi tidak semua dari ribuan orang ini yang bisnisnya langsung berlanjut, berkembang, bahkan bertahan.

“Yang jadi 20% sampai 30% dari ribuan yang dilatih saja itu sudah bagus,” ucapnya. Calon wirausaha lain bukan berarti kandas. Tak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk bergabung dengan wirausaha lain selama setahun hingga dua tahun barulah berani berdiri sendiri.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikm industri kecil dan menengah
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top