Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bahaya Merokok Akan Diiklankan di Televisi

Iklan bahaya merokok sebagai kampanye pengendalian tembakau di Indonesia akan ditayangkan secara resmi di beberapa stasiun televisi pada Jumat (10/10).
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Iklan bahaya merokok sebagai kampanye pengendalian tembakau di Indonesia akan ditayangkan secara resmi di beberapa stasiun televisi pada Jumat (10/10).

Kepala Eksekutif World Lung Foundation Peter Baldini mengatakan iklan ini bagian dari usaha pengendalian rokok setelah beberapa dekade informasi mengenai bahaya rokok mendapat intervensi dari industri tembakau

"Kami sangat menghargai pemerintah Indonesia dalam upayanya menjalankan kampanye anti tembakau di media massa nasional," ujarnya, Jumat (3/10/2014).

Dengan menayangkannya pada iklan televisi, masyarakat Indonesia dapat mengetahui bahaya merokok misalnya pada 2012 lebih dari 190.000 000 jiwa melayang karena mengidap penyakit yang berhubungan dengan konsumsi rokok.

Iklan imbauan ini akan ditayangkan selama empat minggu di beberapa stasiun televisi nasional dan Youtube. Stasiun televisi yang akan menayangkan, di antaranya SCTV, TRANS TV, Trans7, dan Global TV.

Dalam penayangan iklan itu, seorang korban yang menderita kanker tenggorokan akan menceritakan penyakit yang dideritanya karena merokok. Penampakan lubang di tenggorokan korban akan menimbulkan efek ngeri pada perokok dan bukan perokok.

Iklan ini sebelumnya telah diuji dengan sampel penonton berusia 15 hingga 40 tahun dan diharapkan menjadi langkah pencegahan untuk yang bukan perokok, termasuk para remaja atau para perokok untuk berhenti.

Badan Pusat Statistik (BPS) bekerja sama dengan Institusi Peneliti dan Pengembangan Kesehatan Nasional serta Kementerian Kesehatan membuat penelitian tentang penggunaan tembakau di Indonesia. Hasilnya, sekitar dua pertiga atau 67% laki-laki dewasa dan 2,7% perempuan dewasa adalah perokok.

Fakta juga mengungkap lebih dari 85% orang dewasa terpapar asap rokok di restoran, 50% terpapar karena asap rokok di tempat kerja, dan lebih dari 78% terpapar asap rokok dalam rumah. Konsumsi tembakau menjadi penyebab utama kematian di dunia tetapi dapat dicegah salah satunya dengan peringatan grafis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper