Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPS: Perlambatan Ekonomi Eropa Tak Pengaruhi Ekspor RI

Deputi Kepala BPS Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Sasmito Hadi Wibowo mengatakan perlambatan pertumbuhan ekonomi di zona euro tidak akan terlalu berpengaruh pada performa ekspor Indonesia.
Ardhanareswari AHP
Ardhanareswari AHP - Bisnis.com 19 September 2014  |  22:11 WIB
BPS: Perlambatan Ekonomi Eropa Tak Pengaruhi Ekspor RI
Ilustrasi - Bisnis
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA--Deputi Kepala BPS Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Sasmito Hadi Wibowo mengatakan perlambatan pertumbuhan ekonomi di zona euro takkan terlalu berpengaruh pada performa ekspor Indonesia.
 
"Ketergantungan kita mengecil pada Eropa. Perdagangan kita dengan seluruh negara di Eropa masih kalah dibandingkan dengan [perdagangan Indonesia ke] China. Total dengan Eropa di bawah 10% sementara dengan China sudah 15%," tuturnya, Jumat (19/9/2014).
 
Ekonomi Eropa diperkirakan masih bergerak moderat tahun ini dengan pertumbuhan tipis di kisaran 0,8%. Sementara itu, Sasmito mengatakan kecenderungan selama ini menunjukkan jelang akhir tahun volume ekspor domestik justru meningkat.
 
Kepala BPS Suryamin mengimbuhi depresiasi mata uang rupiah terhadap dolar mestinya bisa menggenjot kinerja ekspor. "Karena harga komoditi ekspor kan jadi lebih murah, dengan dolar jadi lebih banyak belinya," ungkapnya.
 
Meski demikian, tren menunjukkan pelemahan rupiah tak serta merta meningkatkan permintaan secara drastis karena kebutuhan terhadap komoditas mentah, seperti minyak kelapa sawit atau batubara cenderung bersifat inelastis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bps ekonomi eropa kinerja ekspor
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top