Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Turki Undang Pengusaha Mebel Jateng ke Pameran Tuskon

Turkish Indonesian Trade Association (TITA) mengundang pelaku usaha Jawa Tengah di bidang konstruksi, bahan bangunan, mebel dan mesin untuk berpartisipasi dalam Tuskon World Trade Bridge 2014.
Bisnis.com, SEMARANG--Turkish Indonesian Trade Association (TITA) mengundang pelaku usaha Jawa Tengah di bidang konstruksi, bahan bangunan, mebel dan mesin untuk berpartisipasi dalam Tuskon World Trade Bridge 2014.
 
Sekretaris Umum TITA Ismail Cakmak menuturkan Tuskon World Trade Bridge (TWTB) merupakan acara tahunan yang digelar oleh Konfederasi Pengusaha dan Industrialis Turki/Tuskon. Pameran tersebut akan mempertemukan pelaku usaha dari 160 negara yang berpartisipasi.
 
"Tidak hanya pameran, kita juga akan memfasilitasi pertemuan business to business, serta tur ke pabrik dan pasar sesuai fokus sektor usaha," ujarnya ketika berkunjung ke kantor Kadin Jateng, Jumat (23/5/2014).
 
Acara yang akan berlangsung pada pertengahan Juni 2014, lanjutnya, akan fokus pada empat bidang usaha, yakni konstruksi, bahan bangunan, mebel, dan mesin-mesin yang terkait sektor tersebut. 
 
"Jateng ini kan pusatnya industri mebel di Indonesia, karena itu kita mau ajak pelaku usaha di Jateng untuk ikut dalam acara Tuskon ini," tuturnya. 
 
Selama ini, imbuhnya, produk mebel kayu dan rotan di pasar Turki banyak diisi oleh produk asal China. Pengusaha Turki pun turut berinvestasi di sana. Namun, kesulitan bahan baku dan peningkatan upah buruh di China membuat pelaku usaha Turki berupaya mencari mitra alternatif. 
 
"Tuskon ini tidak hanya jual beli, bisa juga menjajaki potensi investasi. Kalau cocok, pengusaha Turki bisa saja jalin joint venture dengan mitra di Jateng," kata Cakmak.
 
Alfa Rizki Hadi, perwakilan TITA Jateng, menambahkan pertumbuhan sektor properti di Turki sangat pesat. Seiring dengan hal tersebut, permintaan produk mebel turut meningkat. 
 
"Di Turki banyak apartemen, jadi banyak kebutuhan furnitur. Turki juga negara wisata, jadi handycraft sangat laku," katanya. 
 
Tuskon World Trade Bridge 2014, lanjutnya, akan diikuti oleh 1.200 perusahaan dengan 600 jenis produk sesuai sektor yang diangkat. 
 
"Tidak hanya furnitur, bahan baku kayu setengah jadi, seperti plywood dan barecore itu juga tinggi permintaannya di Turki. Jadi cocok sekali kalau pengusaha Jateng berpartisipasi," ujar Hadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper