Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Subsidi BBM Enggan Dipangkas, Target MP3EI Tak Realistis Lagi

Keengganan pemerintah memangkas anggaran subsidi bahan bakar minyak (BBM) dalam RAPBN-P 2014 nanti diperkirakan berdampak pada mandeknya beberapa pengerjaan infrastruktur.

Bisnis.com, JAKARTA – Keengganan pemerintah memangkas anggaran subsidi bahan bakar minyak (BBM) dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2014 nanti diperkirakan akan berdampak pada mandegnya beberapa pengerjaan infrastruktur.

Kondisi tersebut dikarenakan adanya rencana pemangkasan anggaran di Kementerian Pekerjaan Umum sekitar 6%-30%.

Ekonom the Indonesia Economic Intelligence, Sunarsip sudah menduga kemungkinan pemerintah membatalkan beberapa proyek-proyek penting di bidang infrastruktur yang sedang direncanakan.

“Nah yang dikorbankan itu adalah belanja-belanja yang memang masih menjadi wilayahnya diskresinya pemerintah. Apa itu? Belanja modal untuk infrastruktur-infrastruktur yang menurutnya [pemerintah] memang tidak perlu harus dilakukan,” ujarnya saat berkunjung di Wisma Bisnis Indonesia, Senin (19/5/2014).

Dampaknya, target Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) pun akan tercapai.

“Target-target MP3EI saya kira tidak akan realistis,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada kuartal I/2014 realisasi investasi proyek MP3EI baru mencapai  Rp10 triliun untuk 13 unit dari target Rp629 triliun untuk 166 unit tahun 2014.

Sunarsip pun mengatakan Menteri Perekonomian yang baru, Chairul Tanjung dinilai tidak akan bisa berbuat banyak terkait akselerasi proyek MP3EI.

“CT [Chairul Tanjung] pun kalau konsisten terhadap pernyataan SBY kepada Dahlan Iskan, CT itu tidak akan mengambil kebijakan-kebijakan yang strategis. Melanjutkan apa yang sudah dirancang sejak lama.”

Menurutnya, Chairul hanya bertugas pada penjagaan stabilitas perekonomian.

“Menjaga stabilitas, khususnya stabilitas harga menjelang puasa. Itu saja. Saya kira Menko Perekonomian sekarang dalam konteks APBN 2014 tidak akan membuat terobosan-terobosan baru, misalnya proyek-proyek strategis yang akan dilakukan di 2014,” paparnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper