Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri Perdagangan: Indonesia Tidak Akan Impor Cabai Rawit Merah Segar

Kementerian Perdagangan menyatakan bahwa pemerintah tidak mungkin melakukan importasi cabai rawit merah segar, meskipun juga mengakui bahwa harga cabai jenis tergolong sangat fluktuatif.
Arys Aditya
Arys Aditya - Bisnis.com 22 April 2014  |  17:59 WIB
Menteri Perdagangan M. Luthfi - JIBI
Menteri Perdagangan M. Luthfi - JIBI

Bisnis.com, BEKASI--Kementerian Perdagangan menyatakan bahwa pemerintah tidak mungkin melakukan importasi cabai rawit merah segar, meskipun juga mengakui bahwa harga cabai jenis tergolong sangat fluktuatif.

Menteri Perdagangan M. Luthfi mengatakan, cabai merupakan tanaman yang sangat sensitif dan hanya dapat bertahan selama 6 hari. Di satu sisi, fluktuasi luar biasa harga cabai yang terjadi beberapa waktu lalu juga disebabkan oleh bencana seperti erupsi Gunung Kelud, yang menyebabkan transportasi terganggu.

Luthfi lalu mencontohkan, dalam waktu hanya tidak sampai sebulan, harga cabai rawit merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, bahkan berselisih Rp60.000/kg, dari Rp90.000/kg menjadi Rp30.000/kg.

Oleh karena itu, katanya, pihaknya juga sedang mengupayakan pemangkasan distribusi dan rantai perdagangan cabai dari level petani sampai pedagang. “Impor cabai kita itu cuma untuk industri, itu juga hanya 9.000 ton. Tidak mungkin impor cabai segar,” ujarnya di sela acara Gerakan Perempuan untuk Optimalisasi Pekarangan (GPOP).

Dia menjelaskan bahwa urban farming ini juga berpeluang untuk menjadikan masyarakat lebih bisa mencukupi kebutuhan rumah tangganya sendiri sehingga menghindarkan kelangkaan barang dan harga yang terlalu melambung.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

impor cabai
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top