Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aturan Tax Holiday Akan Direvisi

Pemerintah akan merevisi aturan terkait pembebasan atau pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) badan (tax holiday) dan fasilitas PPh untuk penanaman modal di bidang atau daerah tertentu (tax allowance).
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 10 Maret 2014  |  16:51 WIB
Aturan Tax Holiday Akan Direvisi
Salah satu industri yang mendapat tax holiday - JIBI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah akan merevisi aturan terkait pembebasan atau pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) badan (tax holiday) dan fasilitas PPh untuk  penanaman modal di bidang atau daerah tertentu (tax allowance).

Menurut Wakil Menteri Keuangan II (Wamenkeu II) Bambang P.S. Brodjonegoro, revisi aturan tersebut diperkirakan selesai pada April 2014 mendatang.

"Paling lambat revisi tax allowance dan tax holiday awal April,” jelasnya seperti dilansir laman Kemenkeu, Senin (10/3/2013).

 

Perubahan revisi tax holiday antara lain terkait dengan fleksibilitas jangka waktu pemberian insentif, penurunan batas bawah nilai investasi dari sebelumnya Rp1 triliun dan penambahan insentif untuk industri pionir secara spesifik.

Menurut Wamenkeu II, pemberian tax holiday selama ini dinilai masih terlalu umum. 

“Misalnya logam dasar. Sekarang kita mau spesifik, karena tidak semua logam dasar butuh tax holiday. Kita inginnya logam dasar yang bisa menjadi substitusi impor," jelasnya.

Penerbitan revisi aturan terkait tax holiday sendiri diharapkan dapat mempercepat proses pembangunan kilang minyak serta menarik minat investor untuk ikut terlibat dalam lelang kilang internasional.

Sementara itu, revisi aturan terkait tax allowance antara lain meliputi pemberian insentif bagi perusahaan asing yang tidak melakukan repatriasi. Selain itu, fasilitas ini juga akan diberikan  bagi perusahaan yang berminat untuk membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter).

“Kita ingin  supaya pengusaha smelter tidak khawatir, kita akan formulasikan yang siap bangun smelter, semua syarat dipenuhi, mereka dapat tax allowance,” jelas Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tax holiday
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top