Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kontrak Proyek Sodetan Ciliwung Diteken

Kontrak paket pekerjaan sodetan Ciliwung senilai Rp492,6 miliar ditandatangani, hari ini, Kamis (19/12/2013) oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane dan PT Wijaya Karya Tbk. (Wika).n

Bisnis.com, JAKARTA - Kontrak paket pekerjaan sodetan Ciliwung senilai Rp492,6 miliar ditandatangani, hari ini, Kamis (19/12/2013) oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane dan PT Wijaya Karya Tbk. (Wika).

Wika berhasil menyisihkan empat peserta lainnya yakni PT Hutama Karya, PT Waskita Karya Tbk., PT Pembangunan Perumahan Tbk., dan PT Brantas Abipraya.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane T. Iskandar mengatakan paket pekerjaan tersebut berupa pembuatan terowongan berdiameter 3,5x2 meter sepanjang 1,27 km dari kali Ciliwung hingga kali Cipinang.

"Ini merupakan paket I dengan waktu pengerjaan 14 bulan atau 430 hari kalender," ujarnya, Kamis (19/12/2013).

Setelahnya, dari kali Cipinang hingga Kanal Banjir Timur (KBT) akan dilakukan inlet dan outlet sodetan dan juga normalisasi kali Cipinang.

Proyek itu, lanjutnya, akan segera diumumkan oleh pemerintah sehingga dapat berjalan paralel dengan pengerjaan sodetan Ciliwung.

Hal tersebut disebabkan pemangkasan anggaran dari Rp700 miliar menjadi Rp500 miliar, sehingga kementerian harus mengurangi volume pekerjaan.

Iskandar menjelaskan terowongan yang merupakan proyek direktif presiden tersebut akan mengalirkan air dari sungai Ciliwung ke KBT dengan kapasitas 60 meter kubik per detik.

"Diharapkan melalui terowongan ini dapat meminimalisir bencana banjir di Jakarta yang diakibatkan meluapnya air dari kali Ciliwung," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper