Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RI Gandeng Australia Awasi Penangkapan Ikan Ilegal

Pemerintah menjalin kerja sama dengan Australia dalam Forum Pengawasan Perikanan Indonesia-Australia (IAFSF) guna mengawasi kegiatan penangkapan ikan ilegal di perairan perbatasan kedua negara.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 06 November 2013  |  17:44 WIB
ilustrasi - bisnis.com
ilustrasi - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menjalin kerja sama dengan Australia dalam Forum Pengawasan Perikanan Indonesia-Australia (IAFSF) guna mengawasi kegiatan penangkapan ikan ilegal di perairan perbatasan kedua negara.

Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Syahrin Abdurrahman menuturkan kerja sama tersebut telah terjalin sejak 2007.

Selain advokasi, forum kerja sama ini juga melakukan kegiatan pembinaan terhadap nelayan di beberapa wilayah selatan Indonesia melalui kegiatan kampanye publik tentang batas-batas wilayah penangkapan ikan berkerja sama dengan Department Australia Fishery and Forestry (DAFF), kedutaan besar Australia di Jakarta.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya preventif agar nelayan tidak melakukan penangkapan ikan di luar wilayah pengelolaan perikanan Indonesia,” ujarnya, Selasa (5/11/2013).

Kerja sama Indonesia-Australia Fisheries Surveillance Forum juga diharapkan dapat menurunkan jumlah nelayan yang ditangkap aparat Australia dengan tuduhan melakukan illegal fishing, seiring meningkatnya pemahaman para nelayan tentang wilayah pengelolaan perikanan Indonesia.

“Sesuai dengan Instruksi Presiden No. 15/2011 tentang Perlindungan Nelayan, KKP juga mengajak Pemerintah Daerah setempat untuk secara bersama-sama secara aktif melaksanakan upaya-upaya pembinaan dan aksi cepat tanggap terhadap permasalahan yang dihadapi nelayan,” kata Syahrin.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penangkapan ikan kelautan dan perikanan
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top